Kamis, 28 Maret 2024

Antisipasi Kebakaran Hutan, Dintanhut Rembang Gandeng MPA

Edy Sutriyono
Kamis, 28 Juli 2016 10:35:57
Kabid Kehutanan pada Dintanhut Rembang Prasetyo (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)
Murianews, Rembang - Untuk mengantisipasi adanya kebakaran kawasan hutan, kini Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dintanhut) Rembang menggandeng masyarakat peduli api (MPA). MPA ini sendiri merupakan bentukan Dinas Kehutanan Provinsi Jwa Tengah.

Kepala Bidang Kehutanan pada Dintanhut Rembang Prasetyo mengatakan, forum masyarakat peduli api yang dibentuk oleh Dinas Kehutanan Provinsi Jateng pada 2015 itu, diharapkan bisa membantu untuk mencegah adanya kebakaran hutan. “Yang tergabung dalam MPA itu terdiri dari masyarakat yang ada di kawasan hutan, unsur pemerintahan dan beberapa organisasi lain yang peduli lingkungan,” ujarnya.

Ia katakan, meskipun Kabupaten Rembang sebagian besar merupakan kawasan pesisir, namun, di wilayah ini juga terdapat sekitar 23 ribu hektare wilayah hutan. "Untuk kaawasan hutan yang ada di Rembang itu seluas sekitar 23 ribu hektare. Kawasan itu berada di bagian selatan Rembang. Di antaranya ialah Kecamatan Sumber dan Kecamatan Sale,” ungkapnya.

Dia menambahkan,  meskipum saat ini tidak ada laporan kebakaran hutan, namun pihaknya akan selalu memantau kawasan hutan. "Pantuan ini, kami juga bekerja sama dengan pihak Perhutani. Dalam hal ini, kita selalu koordinasi,"pungkasnya.

Editor : Kholistiono

 

Baca Juga

Komentar