Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

848 Warga Jepara Dipastikan Berangkat Haji Tahun ini

manasik
Jamaah calon haji melakukan kegiatan di Pendapa Kabupaten Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Kabupaten Jepara tahun ini akan memberangkatkan 848 orang jamaah calon haji (Calhaj). Mereka direncanakan berangkat ke tanah suci dari pendapa Kabupaten Jepara, mulai 24 Agustus 2016.

Para Calhaj Jepara itu terbagi dalam 4 kelompok terbang (kloter). Yaitu kloter 40 sebanyak 355 Calon haji diberangkatkan pada tanggal 24 Agustus 2016. Disusul kloter 65 terdiri darim126 Calhaj dan Kloter 66 terdiri dari 355 calon haji  berangkat dari pendoapa kabupaten tanggal 1 September 2016. Terakhir kloter 67 diidkuti 12 calon haji yang diberangkatkan pada tanggal 2 Septemnber 2016.

“Para peserta ini secara keseluruhan telah mendapat latihan manasik di Desa, KBIH maupun Wilayah Kecamatan masing-masing. Namun untuk lebih mendalami tata cara pelaksanaan haji maka dilkukan kembali manasik tingkat kabupaten,” ujar Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jepara, Muhdi, saat pembukaan acara bimbingan manasik massal calon jamaah haji Kabupaten Jepara, Rabu (27/7/2016) di gedung haji Jepara.

Menurut Muhdi,  setengah bulan atau setidaknya pada H-7 berangkat, sudah akan ada kepastian nama-nama calon jamaah haji yang tergabung di setiap kloter. Mereka akan didampingi empat orang petugas, masing-masing dua orang dari Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) dan Tim Pembimbing Ibadah haji Indonesia (TPIHI).

“Keempat petugas disebar di setiap kloter. Selain itu disertakan juga 7 orang tim pemandu haji daerah (TPHD) dan 7 orang dari tim kesehatan haji Indonesia (TKHI),” katanya.

Sementara itu, Asisten I Sekda Jepara Akhmad Junaidi meminta Calhaj asal Jepara memperhatikan dengan serius bimbingan manasik yang diberikan.  Bimbingan manasik tingkat kabupaten ini dilaksanakan Rabu dan Kamis (27-28/7/2016).

“Sebelumnya, selama sepekan pada tanggal 18 – 23 Juli, Calhaj juga mengikuti bimbingan manasik haji tingkat kecamatan atau kelompok KUA di 15 kecamatan. Hanya Karimunjawa yang bergabung dengan Kecamatan Jepara,” katanya.

Editor : Akrom Hazami

 

 

Comments
Loading...