Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Alur Aliran Sungai Kanal Jepara Ditata

Aliran air sungai Kanal di Jepara, dalam beberapa waktu terakhir. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)
Aliran air sungai Kanal di Jepara, dalam beberapa waktu terakhir. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Alur aliran air sungai Kanal, yang berada di samping kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jepara masih tak semrawut.

Sehingga aliran air dirapikan dengan cara dikeruk dan ditambal. Langkah itu dilakukan dengan menggunakan alat berat.

Kabid Pengairan pada Dinas Bina Marga, Pengairan dan ESDM Jepara Sahli mengatakan, banyaknya sedimen di sisi timur sungai Kanal yang berada di sebelah timur gedung DPRD Jepara perlu dirapikan.Perapian alur air ini akan dilakukan selama sebulan.

“Perapian alur air sungai kanal ini hanya akan dilakukan sampai sekitar Jembatan Merah.  Panjangnya sekitar 500 meter yang akan kita tata,” kata Sahli kepada MuriaNewsCom, Rabu (27/7/2016).

Menurutnya, sedimen yang lebih banyak menumpuak di salah sisi sungai, akan dikeruk dan ditempatkan di masing- masing sisi kanan dan kiri, sehingga aliran air akan berada di tengah-tengah. “Harapannya, dengan ditata seperti itu, aliran air tidak dengan mudah menggerus talut sungai,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengemukakan, untuk anggaran penataan alur sungai itu hanya diambilkan dari anggaran klinik. Sedangkan pengerjaan perapian alur air di sungai Kanal ini terdapat kendala berupa landasan alat berat.

Menurutnya, dengan kondisi sungai yang seperti itu, untuk menggunakan ponton tidak bisa dilakukan karena debit air yang hanya sedikit.

“Sementara jika tidak ada landasan, alat berat akan ambles. Untuk mengatasinya kita nanti akan membuat landasan yang memudahkan pengoperasian alat berat ini,” terangnya.

Ia menambahkan, untuk memperkuat talut di sungai Kanal, tahun depan pihaknya merencanakan untuk membuat krib di titik sungai yang berkelok. Kirab yakni bangunan yang dibuat di sekitar talut sungai ke arah tengah yang digunakan untuk mengatur arus sungai.

Editor : Akrom Hazami

 

Comments
Loading...