Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Berburu Nikmatnya Kopi Kothok di Rembang

Bagi penikmat kopi, jangan lupa untuk menikmati Kopi Kothok ketika berkunjung ke Rembang (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)
Bagi penikmat kopi, jangan lupa untuk menikmati Kopi Kothok ketika berkunjung ke Rembang (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Menyeruput kopi merupakan salah satu aktivitas yang mengasyikkan di Kabupaten Rembang. Apalagi, kota ini dikenal memiliki segudang warung, kedai, dan kafe, yang memiliki sajian olahan kopi menggoda.

Menjelajah aroma dan cita rasa kopi di Rembang, bisa dimulai dari Kopi Kothok yang berada di kawasan Jalan Pemuda, tepatnya berada di dekat Kantor BRI Rembang. Tidak sulit menjangkau lokasinya, yang berada di Jalan Rembang-Blora.

f-kopi 2 copy (e)

Warung kopi ini menempati sebuah bangunan sederhana, namun, hal ini tetap membuat pengunjung untuk betah mencicipi nikmatnya kopi khas tersebut. Rasa kopi hitam andalan sang pemilik warung, yakni Roni, sepintas mirip kopi hitam pada umumnya. Namun, jika sudah diseruput Anda akan menemukan nikmat yang berbeda dari Kopi Kothok ini.

“Rasa kopi ini rasanya lebih legit dari pada kopi yang hanya diseduh dengan air panas. Sebab, Kopi Kothok ini, cara pembuatannya  yaitu kopi dan gulanya langsung ikut direbus di dalam panci sampai mendidih. Efeknya adalah sari dan aroma dan kafein dan semuanya dari kopi akan keluar secara maksimal sehinga cita rasanya juga luar biasa,” ujarnya kepada MuriaNewsCom.

Ia katakan, banyak penikmat kopi yang setiap hari memadati warungnya. Selain rasanya yang nikmat, Kopi Kothok yang dijual juga harganya sangat terjangkau, yakni Rp 3 ribu per cangkir. “Rata-rata per hari bisa mencapai 100 cangkir atau 100 porsi,” katanya.

f-kopi 1 (e)

Hartono, salah satu penjual Kopi Kothok lainnya juga  menuturkan, jika memilih kopi sebagai bahan dasar Kopi Kothok, juga tersedia banyak di pasar.”Namun harus bisa membedakan kopi hitam alami dengan campuran,” kata Hartono.

“Bila kopi hitam asli, itu mempunyai warna hitam pekat, rasa pahit alami, dan harganya pun terbilang mahal yakni Rp 60 ribu per kilogram. Sedangkan kopi campuran itu berwarna rada kecokelatan, berasa pahit aneh dan untuk 1 kilogramnya seharga Rp 15 hingga Rp 20 ribu,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...