Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tersangka Korupsi Boleh Nyalon Bupati Jepara

tersangka nyalon

 

MuriaNewsCom, Jepara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara menyatakan bahwa status tersangka seseorang masih bisa dicalonkan sebagai calon Bupati atau Wakil Bupati dalam Pilkada 2017 Jepara mendatang. Hal itu sesuai dengan PKPU Nomor 12 Tahun 2015 Tentang Pencalonan.

Komisioner KPU Kabupaten Jepara Subchan Zuhri mengatakan meski menyandang status tersangka, seseorang masih bisa dicalonkan maupun mencalonkan sebagai calon bupati. Hal itu sebagaimana aturan yang ada dalam PKPU nomor 12 tahun 2015.

“Sebagaimana aturan yang ada, tidak masalah kalau masih sebatas tersangka. Sebab, ada azas praduga tak bersalah, selama belum ada keputusan inkrah tidak menghentikan proses pencalonan seseorang. Itu sesuai dengan PKPU 12 Pasal 4 tentang syarat calon,” terang Subhan kepada MuriaNewsCom, Senin (25/7/2016).

Menurutnya, yang bisa menggugurkan proses pencalonan seseorang dalam pilkada apabila, yang bersangkutan meninggal dunia. Termasuk juga mengundurkan diri, dan atau jika terpilih tidak dapat melaksanakan tugas secara permanen.

“Contohnya saat mendaftar statusnya tersangka, kemudian dalam proses pencalonan divonis pengadilan negeri. Itu pun belum bisa langsung menggugurkan proses pencalonan, karena mungkin masih ada proses hukum banding,” katanya.

Seperti yang diketahui, Bupati Jepara Ahmad Marzuqi dikabarkan telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejati Jawa Tengah, meski hal itu masih menjadi teka-teki tersendiri.

Wakil Bupati Jepara Subroto juga sebelumnya pernah menyandang status tersangka dalam kasus penipuan di Semarang pada tahun 2012 silam. Berdasarkan aturan PKPU tersebut, keduanya masih memiliki kesempatan untuk mencalonkan diri sebagai calon Bupati pada Pilkada 2017 mendatang.

Editor : Akrom Hazami

 

Comments
Loading...