Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ini Upaya Yayasan Mutiara Ilma Nafia Grobogan Agar Guru Bisa Lebih Kreatif

 

Puluhan guru sekolah milik Yayasan Mutiara Ilma Nafia Grobogan sedang mengikuti pelatihan untuk meningkatkan kemampuan (MuriaNewsCom/Dani Agus)
Puluhan guru sekolah milik Yayasan Mutiara Ilma Nafia Grobogan sedang mengikuti pelatihan untuk meningkatkan kemampuan (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Untuk bisa menghasilkan murid berprestasi, tidak hanya dilakukan dengan mendidik mereka sebaik mungkin. Tetapi, juga perlu membina para guru supaya bisa mendidik dengan kreatif dan menyenangkan bagi anak didiknya.

Hal itulah yang dilakukan oleh Yayasan Mutiara Ilma Nafia Grobogan dengan memberikan pelatihan pada guru, agar lebih kreatif dan menyenangkan ketika melaksanakan tugasnya.Pelatihan yang dikemas dalam In House Training (IHT) bertema “Guru Hebat, Siswa Dahsyat” itu diikuti puluhan guru yang mengajar di sekolah di bawah naungan yayasan yang bertempat di Desa Bugel, Kecamatan Godong tersebut.

Panitia Pelaksana IHT Sunarto menyatakan, kegiatan tersebut merupakan program yang dilakukan secara periodik, terutama para tahun ajaran baru.  Program ini dilakukan guna membekali guru dengan berbagai konsep dan implementasi terkait model pembelajaran yang kreatif dan efektif. Tujuannya, agar guru dapat mendidik para siswanya dengan model pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan, atau yang bisa disebut PAIKEM.

“Pelatihan ini kita langsungkan akhir pekan lalu selama dua hari. Setelah dapat pelatihan ini, kita harapkan semua guru bisa membangkitkan semangat dan motivasi siswa mengikuti proses pembelajaran di kelas setiap harinya,” katanya.

Ketua Yayasan Mutiara Ilma Nafia Badiatul Muchlisin Asti menambahkan, untuk menjadi seorang guru yang efektif, seorang guru setidaknya harus memiliki tiga hal. Yakni, memiliki ekspektasi positif terhadap kesuksesan murid-muridnya, kemampuan manajerial kelas yang handal, dan penguasaan materi pelajaran serta bisa mendesain pembelajaran dengan baik.

“Melalui IHT ini, kami berharap muncul guru inspiratif yang dapat mengajar dan mendidik para siswa dengan baik, kreatif dan efektif. Jika ini bisa terwujud maka prestasi siswa akan muncul dengan sendirinya,” imbuhnya.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...