Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tahun Depan, Orang Buang Hajat di Sungai Tinggal Kenangan

Lurah Sidowayah Sutono (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)
Lurah Sidowayah Sutono (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Pemerintah Kelurahan Sidowayah, Kecamatan/Kabupaten Rembang menargetkan 2016 ini, semua warga sudah memiliki jamban di rumahnya sendiri-sendiri, sehingga tak ada lagi pemandangan orang buang hajat di sungai.

Lurah Sidowayah Sutono mengatakan, saat ini dari 3.500 jiwa yang terdiri dari sekitar 800 KK tersebut, sebanyak 98 persen sudah memiliki jamban. Dari 2 persen yang belum tercapai tersebut, nantinya, pada 2016 ditargetkan sudah rampung.

“Kalau dari pemerintah daerah itu targetnya maksimal 2017, warga sudah punya jamban semua. Kalau di Kelurahan Sidowayah ini, sampai sekarang ini sudah 98 persen yang miliki jamban. Artinya, tahun ini di Kelurahan Sidowayah target tersebut sudah tuntas,” katanya.

Menurutnya, terkait program pembuatan jamban, pihaknya juga sudah mendata warganya yang belum memiliki jamban dan melaporkan kepada instansi terkait. Nantinya, diharapkan ada dana stimulant untuk pembuatan jamban tersebut, khususnya bagi warga yang kurang mampu.

Dia melanjutkan, untuk tahun ini, Kelurahan Sidowayah mengusulkan pembuatan jamban sebanyak 5 unit. “Mudah-mudahan seluruh warga Sidowayah di tahun 2016 ini bisa mempunyai jamban pribadi dan tidak ada yang menumpang di jamban tetangga atau kerabat dekat, atau bahkan sungai,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...