Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kerajinan Batik di Grobogan Bisa Berkembang Pesat, Ini Alasannya

Beberapa perajin tampak sedang menyelesaikan batik khas Grobogan (MuriaNewsCom/Dani Agus)
Beberapa perajin tampak sedang menyelesaikan batik khas Grobogan (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Jika beberapa tahun lalu banyak orang Grobogan yang memburu batik dari luar daerah. Namun, kondisi seperti itu sudah jarang lagi terjadi. Pasalnya, saat ini di Grobogan punya banyak kerajinan batik yang kualitasnya tidak kalah dengan batik dari luar daerah.

Menurut Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Pertambangan dan Energi (Disperindagtamben) Grobogan Muryanto, beberapa tahun lalu, jumlah kerajinan batik hanya segelintir saja. Namun, saat ini sudah ada 40 an usaha kerajinan batik yang tersebar di beberapa kecamatan. Kebanyakan kerajinan batik ini membentuk wadah kelompok usaha bersama.

“Perkembangan kerajinan batik sampai saat ini memang cukup bagus. Hal ini memang cukup menggembirakan dan membanggakan,” kata Muryanto didampingi Kasi Bina Usaha dan Pemasaran Nani Rachmaniarti.

Dijelaskan, pada awalnya, kerajinan batik ini hanya ada di wilayah Kecamatan Purwodadi. Namun, saat ini di beberapa kecamatan yang cukup jauh dari kota juga terdapat perajin batik. Antara lain, Kecamatan Kradenan, Pulokulon, Tawangharjo, Geyer, Tanggungharjo, Tegowanu, dan Gubug.

Lebih lanjut Muryanto menjelaskan, secara umum, proses pembuatan batik di Grobogan tidak jauh berbeda dengan daerah lain. Hanya saja, ada ciri khas tersendiri yang terdapat pada batik Grobogan. Yakni, coraknya lebih banyak menggambarkan kekayaan pertanian dengan kombinasi warna yang cerah. Misalnya, batik dengan motif jagung, padi dan hasil pertanian lainnya.

Meski jumlah kerajinan sudah cukup banyak, namun katanya, tidak sampai terjadi persaingan yang kurang sehat. Sebab, masing-masing perajin sudah punya pasar sendiri-sendiri. Di samping itu, pihaknya juga aktif membina para perajin, baik dalam hal peningkatan kualitas, SDM dan pemasaran.

Editor : Kholistiono

 

Comments
Loading...