Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Biar Wisatawan Jepara Nyaman, Akses Jalan Sunan Mantingan Diperlebar

Jalan Sunan Mantingan Jepara
Salah satu titik akses wisata di Jepara yang sedang diperbaiki. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

MuriaNewsCom, Jepara – Perkembangan dunia pariwisata di Kabupaten Jepara dalam beberapa tahun terakhir ini cukup pesat. Tak hanya lokasi yang sudah popular yang berkembang, termasuk juga sejumlah tempat yang masih sebatas dikelola oleh warga maupun pihak desa setempat. Salah satunya adalah di Teluk Awur. Bahkan, Pemkab Jepara melakukan pelebaran jalan menuju ke pantai tersebut untuk mendukung perkembangan dunia pariwisata.

Jalan yang dilebarkan adalah jalan Sunan Mantingan yang membentang dari Kelurahan Demaan, Kecamatan Jepara, Kota, hingga di Desa Tegal Sambi, Kecamatan Tahunan, diperlebar sejuah satu kilometer lebih. Pelebaran jalan itu selain untuk kelancaran arus lalu lintas, juga mempermudah akses menuju wisata Pantai Teluk Awur sekaligus memberikan fasilitas yang lebih baik bagi dunia usaha dengan perbaikan infrastruktur tersebut.

“Jalan dilebarkan seluas dua meter. Satu meter di sisi kanan dan satu meter di sisi kiri jalan. Proyek tersebut sudah dimulai sejak sepekan sebelum Lebaran. Pengerjaan terus berlanjut hingga akhir tahun. Pengerjaan jalan kami targetkan selesai pada Desember. Proyek ini menggunakan Dana Anggaran Khusus (DAK) 2016 dengan total anggara sebesar Rp 2,5 miliar,” ujar Kabid Bina Marga Pada Dinas Bina Marga, Pengairan dan ESDM Jepara, Hartaya kepada MuriaNewsCom.

Dengan hanya diperlebar sepanjang satu kilometer lebih, diperkirakan proyek pelebaran jalan hanya sampai di Kelurahan Karang Kabagusan. Tidak sampai hingga ke lokasi wisata, atau paling tidak, hingga ujung ruas jalan di Perempatan Desa Tegal Sambi.

“Jalan Sunan Mantingan memang perlu dilebarkan. Selain bertujuan untuk mempermudah arus lalu lintas, jalan tersbeut merupakan akses utama menuju Pantai Teluk Awur dari arah Kota. Diharapkan, dengan pelebaran tersebut wisatawan bisa lebih mudah mengakses salah satu lokasi wisata tersebut,” terangnya.

Dia menambahkan, pihaknya gencar melakukan perbaikan jalan di ruas jalan menuju lokasi wisata. Tiga destinasi wisata utama di Jepara yakni Pantai Kartini, Bandengan dan Benteng Portugis, akses jalannya diperbaiki. Tujuannya, agar wisatawan tak terganggu saat melintas di tempat wisata tersebut.

Editor : Akrom Hazami

 

Comments
Loading...