Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pelayanan E-KTP di Jepara Ditambah

ktp

 

MuriaNewsCom, Jepara – Percepatan pelayanan perekaman E-Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) harus dilakukan. Itu menyusul respons Surat Edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) 12 Mei 2016.

Yang mana, warga yang sudah berusia 17 tahun atau sudah menikah per 1 Mei harus melakukan perekaman paling lambat 30 September 2016.

Untuk itu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Jepara menambah titik pelayanan. Selain pelayanan dilakukan di kantor dinas, pelayanan juga dilakukan melalui percetakan keliling. Tahun ini pelayanan bakal ditambah di 65 titik.

Kepala Disdukcapil Jepara Sri Alim Yuliatun melalui Kepala Bidang Kependudukan Bangun Supriyanto mengatakan, tahun ini pihaknya bakal menambah pengoperasian pencetakan e-KTP di 65 titik. Meliputi 15 titik di sekolah dan 50 titik di lokasi-lokasi strategis seperti balai desa.  Pelayanan itu sudah dimulai mulai awal Agustus mendatang.

“Surat Edaran mengenai itu berlaku untuk skala nasional. Sehingga, di Jepara juga harus melakukan percepatan, dengan cara menambah jumlah titik pelayanan,” ujarnya kepada MuriaNewsCom.

Menurutnya, program pencetakan dan perekaman e-KTP keliling di Disdukcapil Jepara sudah lama berjalan. Program tersebut akan dimaksimalkan karena merupakan cara paling efektif agar masyarakat Jepara bisa segera mengantongi e-KTP. Termasuk melalui penambahan titik pelayanan.
”Selama ini pencetakan e-KTP telah menyasar sejumlah tempat yang potensial. Seperti di desa-desa yang warganya baru sedikit melakukan perekaman dan di sekolah-sekolah.

Selama 2016 hingga akhir Juni kemarin program pencetakan e-KTP sudah mencapai 2.512 dari pemohon,” terangnya.

Dia menambahkan, karena keterbatasan blanko, tidak semua masyarakat bisa langsung mendapatkan e-KTP. KTP akan dicetak sesuai dengan urutan antrean yang terdaftar. ”Meski demikian kami tetap ada prioritas. Bagi masyarakat yang membutuhkan e-KTP secara mendesak kami utamakan. Seperti butuh untuk mengurus masalah kesehatan mengurus keperluan lain yang memang sangat mendesak,” imbuhnya.

Editor : Akrom Hazami

 

Comments
Loading...