Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Miniatur Perahu Pinisi Buatan Warga Pati Diminati Pembeli dari Luar Jawa

 Teguh Kusmanto, warga Desa Blaru, Kecamatan Pati Kota menunjukkan miniatur perahu pinisi buatannya. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Teguh Kusmanto, warga Desa Blaru, Kecamatan Pati Kota menunjukkan miniatur perahu pinisi buatannya. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Miniatur perahu pinisi buatan Teguh Kusmanto (42), warga Desa Blaru, Kecamatan Pati Kota ternyata diminati pembeli dari luar Pulau Jawa. Mereka berasal dari daerah Riau, Samarinda, Balikpapan, Pekanbaru, hingga Nias.

Di luar kota, pembeli yang memesan berasal dari sejumlah kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. Di Pati sendiri, sebagian besar pemesan diakui berasal dari Kecamatan Juwana seperti Raci, Ngerang, dan lain sebagainya.

Teguh mengatakan, pemesanan di daerah Pati dan sekitarnya akan diantar ke rumah. Untuk pemesan luar kota dan luar Jawa akan dipaketkan. “Selama ini, belum ada pemesan dari luar negeri. Kami berharap besar agar ke depan bisa ekspansi ke luar negari,” ungkap Teguh.

Puncak pemesanan diakui Teguh pada saat Lebaran tak lama ini. Selama Lebaran tersebut, Teguh berhasil menjual sekitar 20 miniatur kapal dari berbagai ukuran. Tak ayal, Teguh berhasil meraup untung jutaan rupiah dari hasil karya seninya tersebut.

Namun begitu, sebuah usaha tidak lepas dari kendala. Selama ini, sejumlah kendala yang dihadapi, antara lain masih minimnya pemesan, modal, dan tenaga kerja. Sebab, pengerjaan miniatur selama ini dikerjakan secara sendirian.

Rencananya, Teguh akan merekrut tenaga kerja dari tetangganya sendiri untuk mengatasi kendala tersebut. “Penghasilannya lumayan. Sebulan, kita bisa menjual tiga sampai lima buah miniatur dengan harga terkecil Rp 120 ribu sampai Rp 1,2 juta,” ucap Teguh.

Editor : Kholistiono

 

Comments
Loading...