Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Lowongan Kerja pada Job Fair Dinsosnakertrans Grobogan Minim Peminat

Para pengunjung memadati job fair Dinsosnakertrans Grobogan yang digelar di Gedung Wisuda Budaya Purwodadi (MuriaNewsCom/Dani Agus)
Para pengunjung memadati job fair Dinsosnakertrans Grobogan yang digelar di Gedung Wisuda Budaya Purwodadi (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Ribuan lowongan kerja di berbagai posisi yang terdapat dalam bursa kerja atau job fair Dinsosnakertrans Grobogan ternyata belum dimanfaatkan dengan baik oleh pencari kerja. Indikasinya, jumlah pelamar kerja dalam acara yang berlangsung 20-21 Juli di Gedung Wisuda Budaya Purwodadi itu hanya ada 1.005 lamaran.

Kondisi ini menurun dibandingkan pelaksanaan serupa tahun lalu. Dalam job fair tahun 2015, ada pelamar sebanyak 1.720 orang. Dari jumlah ini, ada 549 yang lolos seleksi dan diterima kerja.

“Terus terang saya juga heran, kenapa jumlah pelamarnya malah turun dibandingkan job fair tahun lalu. Padahal, jumlah lowongan dan perusahaan yang ikut job fair kali ini lebih banyak,” ungkap Kepala Dinsosnakertrans Grobogan Andung Sutiyoso melalui Kepala Bidang Penempatan Perluasan dan Produktivitas Kerja (Penluker) Sugeng Mulyanto.

Menurutnya, pada bursa kerja pertama tahun 2015 hanya tersedia 3.651 lowongan kerja. Sedangkan, pesertanya ada 20 perusahaan saja. Sementara kali ini, ada 5.961 lowongan yang tersedia dan pesertanya 34 perusahaan.

Sugeng mengaku belum tahu persis penyebab turunnya jumlah pelamar dalam job fair tersebut. Padahal, secara keseluruhan, jumlah pengunjungnya cukup banyak. Diperkirakan, ada 2.000 orang yang datang dalam acara tersebut.

“Terkarang saya juga bingung dengan keinginan para pencari kerja. Sebab, seringkali kita dapat keluhan dari para pencari kerja terkait sulitnya mendapatkan pekerjaan. Tetapi, ketika disediakan banyak lowongan kerja, mereka seakan malah kurang berminat,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

 

Comments
Loading...