Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Siswa Baru di Jepara Dipastikan Tak Beratribut Aneh-aneh

mos
Kegiatan PLS di salah satu sekolah di Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara memastikan pelaksanaan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) yang telah berlangsung selama tiga hari ini berjalan lancar. Selain itu, juga telah dipastikan bahwa siswa peserta tidak menggunakan atribut yang aneh-aneh.

Hal itu sebagaimana hasil pemantauan Pemkab Jepara di sejumlah sekolah, di antaranya di SMP Negeri 1 Jepara dan SMK Negeri 1 Jepara.  Sekolah pertama yang dikunjungi Pemkab Jepara adalah SMP Negeri 1 Jepara. Setelah memastikan berjalan lancar, pantauan dilanjutkan di SMK Negeri 1 Jepara.

Wakil Bupati Jepara Subroto mengatakan, dari hasil pantauan yang telah dilakukan, pelaksanaan PLS berjalan lancar dan atribut peserta juga masih dibatas kewajaran. Itu sudah sesuai dengan instruksi dari Menteri Pendidikan yang melarang praktek perpeloncoan.

“Jangan sampai kegiatan tidak mendidik kemudian juga justru memberatkan orang tua karena atribut yang disyaratkan cukup banyak. Biaya sekolah sudah cukup memberatkan orang tua jangan sampai pada saat PLS memberikan tugas kepada siswa yang sifatnya memberatkan keuangan orang tua. Dan yang paling penting adalah pelaksanaan PLS untuk mendidik dan mengenalkan siswa terhadap lingkungan sekolah,” ujarnya, Rabu (207/2016).

Menurutnya, praktek perploncoan sudah tak layak untuk dilakukan. PLS memang seharusnya dilakukan dengan tujuan mendidik, sebuah orientasi yang bakal menjadi contoh baik dan membina siswa lebih mengenal tempatnya menimba ilmu, mengerti tata cara bersosialisasi. Jadi bukan orientasi yang berdasar pada rasa dendam atau pelampiasan emosi turunan sebagaimana yang selama ini terjadi di luar Kabupaten Jepara.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Jepara, Fatkhurrohman, mengemukakan, peserta PLS di sekolahnya dalam tahun 2016/2017 mencapai 306 siswa. Pada penerimaan siswa baru di SMP Negeri 1 Jepara tercatat sejumlah 402 pendaftar. Setelah melalui proses seleksi berdasarkan pada kreteria tertentu ditetapkan siswa yang diterima sejumlah 306 siswa dibagi menjadi 7 Rombongan Belajar (Rombel) yang terbagi dalam 9 ruang kelas.

Editor : Akrom Hazami

 

 

Comments
Loading...