Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ada 5.961 Lowongan Kerja di Job Fair Dinsosnakertrans Grobogan

Acara bursa kerja yang digelar Dinsosnakertrans Grobogan dipadati pengunjung pada hari pertama (MuriaNewsCom/Dani Agus)
Acara bursa kerja yang digelar Dinsosnakertrans Grobogan dipadati pengunjung pada hari pertama (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Pelaksanaan pameran bursa kerja atau job fair yang digelar Dinsosnakertrans Grobogan di Gedung Wisuda Budaya ternyata bakal bisa menyerap banyak tenaga kerja. Sebab, dari informasi yang disampaikan panitia, ada 5.961 lowongan yang tersedia dalam acara tersebut.

“Jumlah lowongan pekerjaan hampir mendekati angka 6.000. Ini kesempatan bagi mereka yang membutuhkan pekerjaan,” kata Kepala Dinsosnakertrans Grobogan Andung Sutiyoso melalui Kepala Bidang Penempatan Perluasan dan Produktivitas Kerja (Penluker) Sugeng Mulyanto.

Acara job fair dibuka Bupati Grobogan Sri Sumarni, Rabu (20/7/2016). Sejumlah pejabat terkait terlihat hadir dalam pembukaan. Rencananya, bursa kerja akan dilangsungkan hingga Kamis besok.

Menurut Sugeng, jumlah peserta job fair ada 34 perusahaan. Sebanyak 7 perusahaan dari Grobogan dan 27 lainnya dari luar daerah. Sedangkan, ribuan lowongan yang tersedia itu untuk 16 jenis jabatan.

Dijelaskan, bursa kerja kali ini dinilai lebih ramai dibandingkan pelaksanaan kegiatan serupa tahun lalu. Pada bursa kerja pertama tahun 2015 hanya tersedia 3.651 lowongan kerja. Sedangkan, pesertanya ada 20 perusahaan saja.

Sugeng menambahkan, jumlah penggangguran di wilayahnya dinilai masih cukup tinggi, lantaran kurangnya penyerapan tenaga kerja. Sejauh ini, angka penyerapan tenaga kerja ini berkisar 60 persen.

Untuk bisa memenuhi target tersebut, pihaknya berupaya meningkatkan angka penyerapan tenaga kerja. Salah satunya, dengan menggelar job fair yang sudah dilakukan pertama kali tahun 2015 lalu. Diharapkan melalui kegiatan ini ada kenaikan angka penyerapan tenaga kerja dibandingkan tahun sebelumnya.

Editor : Kholistiono

 

Comments
Loading...