Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Gara-gara Parijoto, Warga Kudus Dapat Penghargaan Presiden

parijoto
Muhamad Sokib Garno Sunarno bersama Bupati Kudus Mushofa yang memegang tanaman parijoto. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

MuriaNewsCom,Kudus – Warga Kudus menorehkan prestasi yang membanggakan dengan mendapatkan penghargaan tingkat nasional. Rencananya, penghargaan tersebut bakal diberikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Penghargaan tersebut, akan diterima oleh Ketua Paguyuban Masyarakaat Pelindung Hutan (PMPH) Pegunungan Muria, Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Muhamad Sokib Garno Sunarno. Hanya gara gara Parijoto, dia bakal  menerima penghargaan Kalpataru 2016.

“Untuk kategori adalah Pembina Hutan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Rencananya, piagam penghargaan Bidang Lingkungan Hidup tersebut di Siak, Riau, Jumat (22/7/2016) mendatang,” katanya.

Rencananya, pemberian penghargaan akan bertepatan dengan Environment World Day (EWD) atau Hari Lingkungan Hidup Dunia. Penghargaan diraih lantaran dia dianggap berhasil membina masyarakat di lereng Pegunungan Muria untuk melestarikan hutan serta menjaga kearifan lokal setempat.

Seperti diketahui, Kalpataru adalah penghargaan diberikan kepada perorangan atau kelompok atas jasa melestarikan lingkungan hidup di Indonesia. Penerima penghargaan Kalpataru dikelompokkan dalam empat kategori, yaitu perintis lingkungan, pengabdi lingkungan, penyelamat lingkungan, dan pembina lingkungan.

Menurutnya, kearifan lokal yang dijaga adalah Tanaman Parijoto yang merupakan peninggalan Sunan Muria. Dia tidak menyangka dapat penghargaan sebesar itu, terlebih langsung dari Presiden.

“Saya tidak berharap lebih, sebab dari awal saya mengabdi untuk hutan Muria memang dari sanubari hati saya yang terdalam, ikhlas dan tulus. Tapi syukur malah dapat lebih semacam ini,” ungkapnya.

Menurut pria yang juga menjadi juru kunci Makam Sunan Muria itu, penghargaan tertinggi di Bidang Lingkungan Hidup ini merupakan pertama kali ia terima sejak 1998 mengelola dan menyelamatkan hutan Pegunungan Muria.

Bupati Kudus Musthofa mengaku senang dengan adanya penghargaan ini. Peran pemerintah  adalah pelestarian lingkungan pegunungan Muria. Dengan mengerahkan relawan di hutan diketahui pak sokib dan lainnya.

“Kami juga minta dinas pertanian dan kantor lingkungan hidup berkoordinasi memberikan suplemen untuk kebutuhan disini,” ungkapnya.

Editor : Akrom Hazami

 

 

Comments
Loading...