Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Begini Pelaksanaan PLS di SMK Muhammadiyah Purwodadi

 

Siswa baru SMK Muhammadiyah Purwodadi sedang ikuti PLS di kawasan Simpang Lima (MuriaNewsCom/Dani Agus)
Siswa baru SMK Muhammadiyah Purwodadi sedang ikuti PLS di kawasan Simpang Lima (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Berbeda dengan sebelumnya, dalam pelaksanaan masa orientasi siswa (MOS) atau yang sekarang namanya diganti dengan pengenalan lingkungan sekolah (PLS), tahun ini tidak terlihat lagi adanya kegiatan aneh-aneh yang dilakukan terhadap siswa baru. Termasuk di antaranya juga terlihat di SMK Muhammadiyah Purwodadi.

Dalam masa PLS ini, diisi dengan kegiatan yang dinilai mendatangkan manfaat buat para siswa. Seperti halnya, melangsungkan pelatihan baris-berbaris (PBB). Selain guru, dalam latihan PBB juga didampingi anggota Komando Keamanan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM).

Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Purwodadi Sugiharto menyatakan, pelaksanaan PLS bagi siswa baru dilakukan selama tiga hari. Yakni, mulai Senin hingga Rabu besok. Untuk pelaksanaannya tidak lagi dilakukan oleh pengurus OSIS tetapi langsung ditangani para guru.

“Kegiatan PLS ini dinamakan forum taaruf siswa. Kegiatan selama tiga hari tersebut sudah diketahui Dinas Pendidikan (Disdik) Grobogan dan orang tua siswa,” katanya melalui Waka Kesiswaan Sadiyo.

Menurutnya, acara PBB dilangsungkan selama dua jam. Mulai jam 08.30 sampai 10.30 WIB. Lokasinya dilangsungkan di kawasan bundaran Simpang Lima Purwodadi.

Dipilihnya lokasi itu dilatarbelakangi beberapa alasan. Yakni, lapangan sekolah kebetulan sedang dipakai kegiatan lain. Selain itu, dipilihnya lokasi tersebut agar siswa baru yang dari luar Purwodadi bisa lebih mengenal salah satu ikon kota, yakni Simpang Lima.

“Bundaran Simpang Lima dengan tower air di tengahnya memang salah satu ikon Kota Purwodadi. Jadi, selain tempat belajar, para siswa juga harus kita kenalkan dengan lingkungan sekitar sekolah. Kebetulan, lokasi ini jaraknya juga tidak jauh dari sekolahan,” imbuhnya.

 Editor : Kholistiono

 

Comments
Loading...