Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Awas Kepala Tertimpa Tiang Kabel Telkom yang Miring di Jepara

tiang
Pengguna jalan melintasi wilayah Jalan Wahid Hasyim, Kelurahan Potroyudan, Kecamatan Kota, Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Tiang kabel milik Telkom yang berada di samping Jembatan Kanal turut Jalan Wahid Hasyim, Kelurahan Potroyudan, Kecamatan Kota, Jepara, kondisinya miring dan nyaris tumbang.

Kondisi kemiringan yang mencapai 45 derajat itu membahayakan warga ketika sampai jatuh lantaran kabel dan tiangnya berada di dekat jalan raya tersebut.

Tiang yang menyangga sedikitnya sepuluh kabel diketahui miring, setengah tahun terakhir. Namun belum ada upaya perbaikan yang dilakukan oleh petugas maupun pihak terkait. Kemiringan itu sedikit ditopang oleh tembok semen di sampingnya.

Tiang tersebut tidak hanya menyangga kabel Telkom saja, tetapi juga kabel listrik yang terbungkus berwarna hitam. Beberapa di antara kabel itu berukuran besar. Sebagian kabel diikat di pohon di sampingnya. Selain berbahaya, kondisi yang tidak rapi itu membuat kawasan tersebut tak enak dipandang.

Salah satu pengguna jalan yang melintas di jalan tersebut, Romdoni mengatakan, kondisi tiang miring sudah lama. Dia melintasi jalan tersebut mengaku sudah melihat kondisi miring beberapa bulan yang lalu dan sampai saat ini belum diperbaiki.

“Sudah lama kondisinya seperti itu, saya tahunya bahkan beberapa bulan yang lalu. Mungkin saja saat saya melihat sudah miring lama sebelumnya,” ujar Romdoni kepada MuriaNewsCom, Selasa (19/7/2016).

Menurutnya, meski tidak langsung miring di atas jalan raya, karena posisinya ada di pinggir jalan. Bukan berarti tidak membahayakan. Bisa jadi kabel yang ditopang itu terjatuh dan mengenai jalan raya. Selain itu, kalau kabelnya mengaliri listrik, juga sangat membahayakan.

Hal itu juga dikatakan Aulia Rahma, warga setempat. Menurutnya, meski rumahnya dekat dari kawasan tersebut. Dia mengaku tak tahu pasti penyebab miringnya tiang tersebut. Dia hanya pernah melihat dulu sempat hujan dan tebingnya sempat longsor. Setelah diperbaiki mulai terlihat perubahan  pada tiang penyangga kabel tersebut.

”Setahu saya dulu tiangnya pernah ada dua. Cuma yang satunya sudah dicopot saat perbaikan tebing,” katanya.

Editor : Akrom Hazami

 

 

 

 

Comments
Loading...