Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

791 Calhaj Asal Rembang Ikuti Bimbingan Manasik

 Ratusan calon jemaah haji mengikuti bimbingan di Museum Kartini (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Ratusan calon jemaah haji mengikuti bimbingan di Museum Kartini (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Sebanyak 791 calon jemaah haji (Calhaj) asal Rembang mengikuti bimbingan manasik haji yang diselenggarakan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rembang. Kegiatan tersebut, dijadwalkan bakal berlangsung selama 8 hari.

Staf Kantor Kemenag Rembang bidang Haji, Mamik mengatakan, pelaksanaan bimbingan manasik haji itu dilangsungkan di dua tempat. Yakni, untuk pembukaan dan penutupan dilakukan di Museum Kartini Rembang, sedangkan lainnya dilakukan di masing-masing kecamatan.

“Bimbingan ini untuk memberikan pengetahuan seputar ibadah haji kepada calhaj. Sebab, hal ini penting, agar nantinya ketika mereka melaksanakan ibadah haji, sudah tahu dan memahami mengenai ibadah haji,” ujarnya, saat pembukaan bimbingan haji di Museum Kartini, Senin (18/7/2016).

Ia katakan, calhaj asal Rembang nantinya terbagi menjadi tiga kloter, yang diberangkatkan pada Agustus dan September mendatang.”Mereka terbagi dalam Kloter 38 sebanyak 355 orang, yang akan masuk asrama pada 24 Agustus, kemudian Kloter 48 sebanyak 355 orang, nantinya akan masuk asrama pada 27 Agustus dan Kloter 65 sebanyak 81 orang yang masuk asrama pada 1 September,” katanya.

Dia menambahkan, pada bimbingan manasik haji ini, calhaj akan dilatih berbagai hal yang meliputi keseluruhan proses syarat dan rukun ibadah haji. Dimulai dari memakai ihrah, hingga lari-lari kecil (sai).

Editor : Kholistiono

 

Comments
Loading...