Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

48 Tenaga Pengawas Pilkada Jepara 2017 Dilantik

Pelantikan Panwascam e
Pelantikan anggota Pengawas Pilkada Jepara di pendapa pemkab setempat.(MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Sebanyak 48 tenaga pengawas Pilkada Jepara 2017 dilantik, di Pendapa Pemkab Jepara, Senin (18/7/2016). Mereka adalah pengawas di tingkat kecamatan atau Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang telah lulus seleksi. Mereka yang akan membantu tugas Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Jepara.

Anggota Panwaslu Jepara, Muhammad Oliz mengatakan,  setelah melakukan proses pelantikan, puluhan anggota panwascam itu mulai bertugas mengawasi tahapan Pilkada Jepara 2017. Mulai dari proses pencalonan, penyusunan Daftar Pemilih Tetap (DPT), hingga proses penghitungan rekapitulasi suara.

“Termasuk mengawasi semua potensi pelanggaran yang ada selama tahapan Pilkada berlangsung. Seperti kampanye hitam dan potensi mobilisasi petinggi dan perangkat desa untuk mendukung paslon tertentu,” ujar Oliz kepada MuriaNewsCom, Senin (18/7/2016).

Menurutnya, pengawasan di tingkat kecamatan tidak hanya menyasar pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan peserta Pilkada. Tapi juga potensi pelanggaran yang dilakukan penyelenggara Pilkada. “Jika nanti sampai ada sengketa hasil Pilkada, Panwas dan Panwascam pun siap menjadi saksi di persidangan,” katanya.

Salah satu anggota Panwascam terpilih Zaenal Mustofa mengaku senang bisa lolos dan dilantik. Dia mengaku siap mengawasi jalannya Pilkada di Kecamatan Pecangaan. Salah satu yang akan diawasi adalah potensi pelanggaran yang dilakukan baik oleh Paslon maupun penyelenggara Pilkada tetap harus diwaspadai.

“Selain itu, money politic (politik uang,red) bakal menjadi perhatian. Pada pesta demokrasi Pileg 2014, ditemukan aduan kasus politik uang, itu juga penting untuk diawasi,” katanya.

Editor : Akrom Hazami

 

Comments
Loading...