Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Disperindag Pati Luncurkan Program Simpada

 

 Sejumlah pejabat menghadiri peluncuran program Simpada di Pasar Pragola Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Sejumlah pejabat menghadiri peluncuran program Simpada di Pasar Pragola Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pati meluncurkan program Sistem Informasi Pasar Daerah (Simpada). Program tersebut dilakukan untuk melakukan modernisasi pasar tradisional di Pati agar bisa bersaing dengan swalayan yang saat ini kian menjamur.

“Sekarang ini zamannya serba teknologi. Biar tidak ketinggalan, pasar tradisional juga harus bisa memanfaatkan sistem informasi dan teknologi dengan baik. Dengan demikian, masyarakat yang ingin mengakses harga bahan pokok di Pati, mengurus proses perizinan keanggotaan keluarga besar pasar, akan diberi kemudahan,” ujar Bupati Pati Haryanto, Senin (18/7/2016).

Ia berharap, keberadaan pasar tradisional di Pati yang mencapai 22 pasar bisa bersaing di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Rencananya, masing-masing pasar akan dibekali minimal satu buah laptop supaya bisa memberikan informasi secara online dan live terkait dengan informasi pasar.

Namun, bupati mengaku bila kendala program Simpada adalah masalah sumber daya manusia (SDM) yang mengoperasionalkan laptop di setiap pasar tradisional. Selain itu, tidak semua warga Pati tahu IT, sehingga butuh waktu untuk melakukan sosialisasi.

Menjawab kekhawatiran bupati, Kepala Bidang Pengelolaan Pasar Disperindag Pati, Edi Setyanto rencananya akan melatih SDM untuk tenaga operasional di pasar. Sementara itu, pengenalan program Simpada bakal disosialisasikan kepada penghuni pasar, masyarakat, termasuk pelibatan media sosial.

“Programnya berbentuk online dari pasar daerah ke dinas. Hal itu untuk efisiensi waktu, bisa cek harga kebutuhan pokok dan beragam informasi lainnya di masing-masing pasar hanya dengan lihat di situs kami,” pungkasnya.

 

Editor : Kholistiono

 

Comments
Loading...