Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Nelayan Jepara Kritisi Lokasi Pembangunan Pelabuhan Perikanan Terpadu

Pelabuhan1

 

MuriaNewsCom, Jepara – Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Jepara menilai bahwa pelabuhan perikanan terpadu yang direncanakan akan dibangun di Jepara tidak tepat. Menurut mereka, lokasi yang tepat berada perairan sekitar Kelurahan Jobokuto dan sekitar Ujungbatu Kecamatan Jepara Kota.

“Pantai Jobokuto dan sekitarnya dinilai lebih strategis. Selain itu, sarana dan prasarana pendukung ada di sekitar Pantai Jobokuto,”  ujar Ketua HNSI Jepara Sudiyatno, Jumat (16/7/2016).

Menurut Sudiyatno, sejumlah fasilitas yang sudah ada, di antaranya Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang cukup mumpuni, SPBN, dekat dengan Pelabuhan Jepara dan Dermaga Kartini, pabrik es, serta sejumlah tempat pengolahan ikan.

Selain itu, dari informasi yang diterimanya, sebentar lagi di sekitar pantai tersebut juga akan ada tempat docking kapal.

“Pantai Jobokuto lebih strategis untuk pelabuhan perikanan terpadu daripada di lokasi lainnya. Selain fasilitas banyak yang sudah tersedia, transportasi juga mumpuni,” terangnya.

Hal itu disampaikan Sudiyatno menanggapi rencana pemerintah yang akan membangun  pelabuhan perikanan terpadu di Desa Kedung Malang, Kecamatan Kedung oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

Pemilihan lokasi tersebut lantaran juga merupakan kampung nelayan, serta memiliki muara sungai yang cukup lebar. Di samping itu, di desa setempat juga dibangun perumahan nelayan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI.

Alasan pemerintah berencana membangun pelabuhan perikanan terpadu di Kedung Malang karena terpadu dengan program perumahan nelayan di desa setempat. Selain itu, kampung nelayan Kedung Malang merupakan salah satu kantong kemiskinan di Jepara.

Dengan adanya pelabuhan perikanan terpadu maka industri pengolahan ikan juga akan makin bergeliat. Sehingga penghasilan nelayan akan meningkat dan kesejahteraan nelayan setempat bisa tercapai.

Editor : Akrom Hazami

 

Comments
Loading...