Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

146 Mahasiswa KKN-Tematik IPB 2016 Beraksi di Jepara

IPB
Mahasiswa IPB melakukan foto bersama di Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Sebanyak 146 Mahasiswa KKN dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Jabar ditempatkan di tiga kecamatan di Jepara.

Di antaranya di Kecamatan Keling, Kedung  dan Nalumsari. Peserta KKN-Tematik ini berasal dari empat fakultas yakni Fakultas Pertanian, Ekologi Manusia, Peternakan dan Ekonomi Manajemen.

Koordinator Wilayah Jepara Djuara P Lubis menjelaskan, KKN-Tematik adalah suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah masyarakat di luar kampus. Mereka secara langsung bersama-sama dengan masyarakat untuk mengidentifikasi serta menangani masalah pertanian dan lingkungan yang dihadapi.

“Selain itu juga untuk membantu menyelesaikan persoalan pembangunan di daerah dengan pendekatan multidisiplin ilmu yang ada di lingkungan IPB,” kata Djuara dalam rilis yang diterima MuriaNewsCom, Sabtu (16/7/2016).

Menurutnya, tema KKN-Tematik IPB tahun 2016 adalah pengintegrasian pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat dalam pengrustamaan pertanian dengan pengembangan pertanian terpadu berbasis sumberdaya wilayah. Itu untuk mendukung kemandirian pangan, peningkatan ekonomi wilayah dan kelestarian lingkungan.

“Tujuan KKN Tematik ini untuk mengembangkan pengetahuan, sikap, dan ketrampilan mahasiswa mengindentifikasi dan mengevaluasi program pemberdayaan masyarakat bidang pertaniansecara terintegrasi serta meningkatkan  kepedulian dan komitmen dalam mengatasi permasalahan yang mampu mengembangkan jejaring kerjasama dalam upaya pemecahan masalah,” terangnya Djuara.

“Dengan potensi yang besar serta tanahnya subur dan alamnya sangat indah serta rakyat rajin tetapi masih ada 36,05 persen penduduk miskin dan saya ingin mengajak anda-anda mahasiswa untuk memerangi kemiskinan yang ada di Jepara,” kata Wakil Bupati Jepara Subroto Jepara, mewakili Pemkab Jepara.

Menurut dia, untuk menunjang pemerintah di bidang pertanian di Jepara ada sekitar 10 ribu Ha untuk pertanian jagung dan singkong. Intensifikasi padi sudah disetujui oleh pusat untuk pertanian modern seluas 3 ribu Ha.

“Harapanya adalah adik mahasiswa dalam melaksanakan KKN dengan baik dan dapat bermanfaat bagi masyarakat dan Mahasiswa itu sendiri,” imbuhnya.

Editor : Akrom Hazami

 

 

Comments
Loading...