Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

24 Desa di Jepara Mulai Persiapan Pemilihan Petinggi

Pilkades

 

MuriaNewsCom, Jepara – Pertengah Juli 2016 ini, 24 Desa di Kabupaten Jepara persiapan untuk pesta demokrasi, yakni Pemilihan Petinggi  (Pilpet) Desa. Sejumlah persiapan dilakukan sebelum memasuki tahapan berikutnya. Yakni pencalonan yang dimulai pada 25 Agustus 2016 mendatang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jepara Sholih menjelaskan, pelaksanaan Pemilihan Petinggi serentak ini terdiri dari empat tahap. Tahap pertama, tahapan persiapan  pada bulan Juli 2016. Selanjutnya disusul tahap kedua yakni pencalonan yang dimulai tanggal 25 Agustus sampai 2 September 2016. Tahap ketiga,  pemungutan suara serentak yang direncanakan pelaksanaannya pada tanggal 14 November 2016.

“Tahap terakhir, pelantikan yang akan dilaksanakan pada tanggal 16 Desember 2016. Kami berharap pelaksanaan Pilpet bisa berlangsung kondusif,” kata Sholih.

Menurutnya, Pada Pilpet tahun ini, ada 11 kecamatan yang bakal menyelenggarakan Pilpet. Yakni Kecamatan Keling (1 desa), Bangsri (1 desa), Mlonggo (2 desa), Pakisaji (1 desa), Karimunjawa (3 desa), Kedung (3 desa), Tahunan (1 desa), Batealit (2 desa), Kalinyamatan (4 desa), Welahan (4 desa) dan Mayong (2 desa). Hanya Kecamatan Donorojo, Kembang dan Nalumsari yang tahun ini tak menyelenggarakan Pemilihan Petinggi.

Pemilihan petinggi secara serentak selanjutnya akan dilakukan pada tahun 2018 dan 2019. Pada tahun 2018 nanti akan dilaksanakan serentak di 23 Desa. Sedangkan tahun 2019 mendatang, pilpet serentak akan dilaksanakan di 137 Desa.

 

Berikut ini Desa yang Akan melakukan Pemilihan Petinggi Serentak Tahun 2016:

Desa Bumiharjo (Kecamatan Keling).

Desa Wedelan (Bangsri).

Desa Jambu dan Sinanggul (Mlonggo).

Desa Tanjung (Pakis Aji).

Desa Karimun Jawa, Kemujan, dan Parang (Karimun Jawa).

Desa Dongos, Sukosono dan Rau (Kedung).

Desa Krapyak (Tahunan).

Desa Bringin, Pekalongan (Batelait)

Desa Margoyoso, Purwogondo, Sendang dan Bandungrejo (Kalinyamatan).

Desa Kalipucang Wetan, Kalipucang Kulong, Gidanglo, Guwosobokerto (Welahan).

Desa Mayong Lor dan Pelemkerep (Mayong).

Editor : Akrom Hazami

 

 

Comments
Loading...