Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Didemo, PT Starcam Apparel Janji Penuhi Tuntutan Buruhnya

demo e
Aksi para buruh PT Starcam Apparel Indonesia di Jepara. (MuriaNewsCom/WahyuKZ)
MuriaNewsCom, Jepara –  Setelah didemo ratusan buruhnya, pada Jumat (15/7/2016), PT Starcam Apparel Indonesia di Desa Mindahan Kecamatan Batealit, Jepara berjanji akan memenuhi tuntutan buruh. Salah satunya, akan segera melunasi kekurangan gaji yang diberikan kepada buruh.
Janji tersebut muncul dalam kesepakatan yang telah ditetapkan dalam proses mediasi antara pihak buruh atau karyawan, dengan pimpinan perusahaan yang difasilitasi oleh Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Jepara dan dikawal oleh pihak aparat keamanan polsek maupun koramil setempat.
Selain akan segera melunasi kekurangan gaji yang belum diberikan, juga akan menerapkan aturan jadwal atau jam kerja sebagaimana mestinya. Pihak perusahaan menampik kesengajaan molornya pembayaran gaji, mereka beralasan bahwa kemoloran terjadi karena beberapa hal.
“Gaji sering molor sejak Januari, bahkan untuk bulan Juni belum terbayarkan karena ada masalah pada proses administrasi di bank. Dengan adanya peristiwa ini tentu saja menjadi pembelajaran agar ke depan dapat diperbaiki,” ujar Manajer HRD PT Starcam Apparel Indonesia Ari Munanto.
Menurutnya, persoalan yang dipermasalahkan oleh karyawan murni karena kesalahan tehnis. Selain masalah administrasi di bank, juga penggajian untuk bulan Juli yang seharusnya tanggal 10, waktunya masih libur karena usai lebaran. Kemudian masalah belum digajinya mengenai jam lembur juga ia beralasan karena masalah tehnis sehingga belum bisa dihitung mengenai tambahan gajinya.
“Intinya kami akan memenuhi tuntutan karyawan. Gaji akan segera cair dalam waktu dekat bahkan mulai dicairkan hari ini atau besok,” katanya.
Dalam proses mediasi, pihak Pemerintah Kabupaten Jepara dihadiri perwakilan dari Dinsosnakertrans. Aksi protes berjalan lancar dan masih aman terkendali.
Editor : Akrom Hazami
Comments
Loading...