Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jembatan Gantung Bakal Permudah Akses Desa Putat dan Karangsari

Perahu penyeberangan tradisional selama ini jadi sarana penghubung Desa Putat, Kecamatan Purwodadi dan Desa Karangsari, Kecamatan Brati (MuriaNewsCom/Dani Agus)
Perahu penyeberangan tradisional selama ini jadi sarana penghubung Desa Putat, Kecamatan Purwodadi dan Desa Karangsari, Kecamatan Brati (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

 

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Keinginan warga Desa Putat, Kecamatan Purwodadi dan Desa Karangsari, Kecamatan Brati untuk memiliki jembatan penyebrangan dalam waktu dekat akan segera terwujud. Hal ini menyusul adanya alokasi biaya sekitar Rp 1,5 miliar untuk penyelesaian pembangunan jembatan gantung di atas Sungai Lusi yang menghubungkan kedua desa tersebut.

Kabag Pengendalian Pembangunan Pemkab Grobogan Siswanto menyatakan, penyelesaian pembangunan jembatan gantung ini memang jadi salah satu pekerjaan yang diprioritaskan. Selain manfaatnya sangat dirasakan masyarakat, sejauh ini, proyek tersebut sudah dikerjakan separuh jalan.

Saat ini, tiang pancang jembatan pada kedua sisi sungai sudah rampung dikerjakan tahun lalu. Untuk pembuatan tiang pancang ini dapat bantuan dana dari Pemprov Jateng sebesar Rp 1 miliar.

“Tiang pancang di sisi utara maupun selatan sungai sudah berdiri kokoh. Yang masih diperlukan tinggal landasannya saja. Makanya, pembangunan jembatan gantung ini kita prioritaskan. Kalau semua berjalan lancar, kemungkinan akhir tahun jembatannya sudah bisa dilewati,” katanya.

Menurutnya, pembuatan landasan jembatan berikut tali penahan dibutuhkan dana sekitar Rp 1,5 miliar. Panjang landasan jembatan tersebut sekitar 60 meter dan lebarnya 1,5 meter.

Sementara itu, Kepala Desa Karangsari Suhartini ketika dimintai komentarnya menyatakan, keberadaan jembatan gantung tersebut selama ini sudah jadi impian warga. Oleh sebab itu, dia berharap agar pembangunan jembatan gantung bisa segera selesai.

“Selama ini, sarana untuk menyeberang hanya mengandalkan perahu tambang. Tapi, kalau air sungai penuh atau meluap kondisinya cukup membahayakan. Untuk itu, warga berharap agar pembangunan jembatan gantung bisa segera terwujud dan bisa dinikmati banyak orang. Dengan adanya jembatan maka akses menuju Kota Purwodadi jadi makin cepat dan roda perekonomian pasti ikut terangkat,” katanya.

 

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...