Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pendaftar SMP Negeri yang Tak Diterima di Kudus Diberi Solusi

sekolah e
Pendaftar mengurusi berkas pendaftarannya di salah satu SMP negeri di Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Hari terakhir pendaftaran siswa baru untuk SMP, dipastikan banyak pendaftar mencabut berkas, Kamis (14/7/2016). Sesuai jadwal batas akhir pencabutan berkas pendaftaran berlangsung hingga pukul 13.00 WIB.

Kepala Disdikpora Kudus Joko Susilo melalui Kabid Dikmen Agus Nuratman mengatakan pendaftar yang tidak berhasil masuk SMP negeri atau sekolah pilihan, tak perlu risau.

Pihaknya memberi solusi, yaitu mendaftar di sekolah swasta. Sebab, sekolah swasta masih bisa membuka pendaftaran.

“Siswa yang tidak diterima di sekolah negeri, dapat segera melanjutkan sekolah pada jenjang swasta arah jenjang madrasah. Yang mana secara umum masih membuka pendaftaran,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Sekretaris Disdikpora Hartono menambahkan, pendaftar yang lolos ke sekolah negeri adalah mereka yang murni berhasil dalam tes.

Menurutnya,  pada PPDB tahun ini terdapat perbedaan dari tahun sebelumnya. Yaitu, jika pada tahun lalu siswa yang lolos berdasarkan peringkat. Maka tahun ini yang lolos berdasarkan acak.

“Namun meski acak, yang tercantum hanyalah mereka yang lolos saja. Sedangkan yang tidak ada, berarti tidak lolos atau tidak masuk,” imbuhnya.

Kepala SMP 5 Kudus Abdul Rochim, mengatakan pendaftar tahun ini memiliki nilai tinggi. Kondisi tersebut tidak muncul pada tahun sebelumnya yang masih terdapat nilai rendah.

“Rata rata di atas 23,85 untuk siswanya. Jadi hampir 24. Jumlah itu merupakan jumlah yang tinggi untuk hasil US SD,” kata Rochim.

Menurutnya, untuk calon siswa SMP negeri yang diterima tahun ini, memiliki nilai minimal 23,85. Dia meyakini bukan hanya sekolahnya yang memberlakukan demikian. Tapi ada sekolah lain yang serupa.

Meski rata-rata calon siswa SMP negeri dapat nilai tinggi, namun banyak pula yang mendapatkan nilai di bawah 20. Diketahui, rata-rata siswa tersebut berasal dari luar kota seperti Jepara.

“Untuk mereka tidak diterima, dapat mengambil berkas pendaftarannya. Berkas tersebut bisa digunakan untuk mendaftar ke sekolah lainnya,” ungkapnya.

Untuk SMP 5 Kudus, jumlah calon siswa yang diterima sekitar 256 orang. Dengan jumlah kelas mencapai delapan.

Editor : Akrom Hazami

 

Comments
Loading...