Jumat, 29 Maret 2024

Anda Punya Golongan Darah O? Segera Donorkan Darahmu

Dani Agus
Kamis, 14 Juli 2016 17:03:49
Bupati Grobogan Sri Sumarni dan FKPD ikut kegiatan donor darah memperingati Hari Bakti Adhyaksa (MuriaNewsCom/Dani Agus)
Murianews, Grobogan - PMI Grobogan saat ini sangat membutuhkan donor darah, khususnya buat pemilik golongan darah O. Hal ini terjadi menyusul minimnya persediaan darah golongan O yang tersedia di PMI.

Sekretaris PMI Grobogan Jasman ketika dikonfirmasi wartawan mengakui jika persediaan darah golongan O tinggal sedikit. Hal ini terjadi, lantaran menjelang lebaran sampai saat ini tidak banyak pendonor golongan darah O.

Untuk persediaan darah golongan lainnya, termasuk AB dikatakan masih melimpah. Padahal, pada tahun sebelumnya, golongan darah AB tersebut minim didapat. “Kondisi sekarang malah terbalik. Persediaan golongan darah AB melimpah. Sementara golongan darah O malah minim,” kata Jasman saat menghadiri acara donor darah dalam rangka memperingati Hari Bakti Adhyaksa yang dilangsungkan halaman Kantor Kejaksaan Negeri Purwodadi, Kamis (14/7/2016).

Menurut Jasman, minimnya stok darah golongan O tidak hanya terjadi di Grobogan saja. Namun, juga terjadi di daerah lainnya seperti Semarang, Solo, dan Kudus. Beberapa daerah biasanya sering minta persediaan darah golongan O ke Grobogan. Tetapi, karena minim juga, maka permintaan itu terpaksa tidak bisa dipenuhi. Pihaknya berharap masyarakat semakin sadar untuk mendonorkan darahnya.

Selain dapat membantu warga lainnya, donor darah juga menjadi investasi kesehatan.  "Banyak manfaatnya dari donor darah yang kita lakukan. Selain dapat mengetahui kondisi kesehatan secara berkala, donor darah juga dapat mencegah penyakit jantung,” imbuhnya.

Sementara itu, kegiatan donor darah yang dilangsungkan halaman Kantor Kejaksaan Negeri Purwodadi tidak hanya diikuti para pegawai saja. Bupati Grobogan Sri Sumarni, Kajari Purwodadi Abdullah, Kapolres Grobogan AKBP Agusman Gurning dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) lainnya juga ikut ambil bagian dalam acara tersebut.“Banyak kegiatan yang kita lakukan dalam memperingati Hari Bakti Adhyaksa tahun ini. Salah satunya adalah bakti sosial donor darah,” kata Kajari Purwodadi Abdullah.

 

Editor : Kholistiono

Baca Juga

Komentar