Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bupati Kudus Minta Seluruh SKPD Bangun Zona Integritas

 

 Penandatanganan berita acara pencanangan pembangunan zona integritas di halaman RSUD dr Loekmono Hadi Kudus, Kamis (14/7/2016). (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Penandatanganan berita acara pencanangan pembangunan zona integritas di halaman RSUD dr Loekmono Hadi Kudus, Kamis (14/7/2016). (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Kudus – Bupati Kudus Musthofa meminta agar seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) mencanangkan pembangunan zona integritas. Hal itu sejalan amanat Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi No 52/ 2014, tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Pemkab Kudus juga menggandeng Ombudsman, untuk melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan pelayanan publik. Sehingga, nantinya pembangunan zona integritas benar-benar berjalan.

“Pembangunan zona integritas ini merupakan sebuah niat atau ihtiar untuk bisa menuju wilayah bebas korupsi. Sebab, dengan adanya ini diharapkan pemerintahan bisa berjalan dengan baik dan bersih,” ujar Bupati Kudus.

Setidaknya ada tiga SKPD yang menandatangani pakta integritas terkait pembangunan zona integritas yang dilaksanakan di Halaman RSUD dr Loekmono Hadi Kudus, pada Kamis (14/7/2016). Yaitu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Badan Penanaman Modal dan Pusat Perizinan Terpadu (BPMPPT) serta RSUD dr Loekmono Hadi.

“Selain tiga SKPD ini, saya juga berharap SKPD lainnya bisa mencanangkan pembangunan zona integritas tanpa terkecuali. Di masing-masing kantor, supaya dipasang spanduk atau banner bertuliskan pembangunan zona integritas. Di instansi kecamatan maupun desa, juga diharapkan demikian,” katanya.

Sementara itu, Kepala Ombudsman Jawa Tengah Achmad Zaid mengatakan, pembangunan zona integritas  yang dilakukan SKPD di Kudus, patut menjadi contoh bagi daerah lain di Jawa Tengah. “Ini patut diapresiasi. Karena memang tujuannya untuk mewujudkan pemerintahan yang bagus dan bersih dari korupsi,” ungkapnya.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...