Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kunjungan Objek Wisata di Jepara Diklaim Tak Seramai Tahun Lalu

pantai e
Wisatawan menikmati suasana liburannya di Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara menilai jumlah wisatawan yang berkunjung menurun dibanding tahun lalu. Penurunan kunjungan wisatawan terjadi di objek wisata Pantai Kartini, Pantai Bandengan, dan Pantai Benteng Portugis. Paling nampak penurunannya di Objek Wisata Pantai Bandengan.

Hal itu seperti yang disampaikan Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara Zamroni. Menurutnya, penurunan kunjungan wisatawan terjadi lantaran perayaan Pekan Syawalan kali ini sudah memasuki masa kerja. Selain itu, objek wisata binaan mulai berkembang pesat.

“Penurunan ini karena wisatawan mulai terpecah. Sekarang objek wisata desa binaan Dinas Pariwisata mulai ramai dikunjungi wisatawan. Itu seperti Pantai Blebak, Pantai Pailus, dan Pantai Empu Rancak,” ujar Zamroni, Kamis (14/7/2016).

Lebih lanjut dia mengemukakan, pada perayaan Pekan Syawalan biasanya terjadi lonjakan pengunjung di setiap objek wisata. Dalam sehari, mampu menarik 3.000 wisatawan. Tak pelak, momentum ini kerap dijadikan andalan untuk menarik Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata.

Meski tahun ini terjadi penurunan kunjungan wisatawan, Zamroni melanjutkan, pihaknya optimistis mampu mencapai PAD yang telah ditargetkan. Target PAD dari sektor pariwisata tahun ini sama dengan tahun lalu, yaitu Rp 2 miliar.

“Tahun lalu mampu setor PAD Rp2,7 miliar. Meski sampai bulan Juni belum ada separuhnya dari PAD kemarin, kami yakin terget PAD itu bisa tercapai karena masih ada musim libur Natal dan akhir tahun. Sedangkan pendapatan saat Pekan Syawalan kali ini belum bisa dihitung sekarang,” katanya.

Editor : Akrom Hazami

 

Comments
Loading...