Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Amerika Serikat Pesan Kaligrafi Ukir Jepara

kaligrafi 2 e
Pengunjung melihat karya ukiran kaligrafi di Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Sebagai kabupaten yag berjuluk Kota Ukir, Jepara memiliki banyak sekali karya. Salah satu produk yang juga dihasilkan oleh pengrajin ukir adalah ukiran kaligrafi. Ternyata, ukiran kaligrafi di Jepara banyak diminati orang-orang asing.

Hal itu seperti yang dirasakan oleh salah satu pengusaha ukiran kaligrafi di Sentra Patung dan Ukir Mulyoharjo, Kecamatan Jepara Kota, Wiwin Nurahmad Yasin. Menurutnya, pesanan didominasi dari pasar di luar negeri. Khususnya negara-negara yang mayoritas penduduknya beragama muslim. Seperti negar-negara Timur Tengah dan kawasan Asia Tenggara sendiri.

“Abu Dhabi dan Malaysia banyak. Beberapa pesanan ada juga dari Amerika Serikat,” terang Wiwin Nurahmad kepada MuriaNewsCom.

Ukiran kaligrafi tidak monoton pada satu bentuk dan fungsi. Dibantu lima pengukir, Nurahmad mengembangkan beragam bentuk kaligrafi. Itu seperti ukiran lafal ayat suci Alquran yang dibentu menyerupai pedang, ukiran kaligrafi yang diukir dalam bidang yang cukup besar sehingga bisa digunakan sebagai penyekat ruangan, juga bentuk yang umum. Yakni untuk hiasan sudut ruangan.

“Kita terus mengembangkan ragam bentuk. Tapi diseuaikan dengan kemampuan pengukir yang dimiliki. Yang terbaru kita buat kaligrafi bentuk pedang dan bunga mekar,” ujarnya, Kamis (14/7/2016)

Sebagai bahan baku membuat kaligrafi, Nurahmad menggunakan kayu jati dan mahoni. Khusus kayu jati, ia memanfaatkan kayu jati bekas. Umumnya kayu jati tua dari sisa bongkaran rumah atau kapal. Sedangkan untuk kayu mahoni, tetap menggunakan kayu baru.

Nurahmad yang menolak menyebutkan omzet normal dan selama Ramadan hingga Lebaran tak menampik jika bisnis yang digelutinya merupakan spesialis saat momen besar umat Islam itu. “Kenyataannya memang meningkat pesat. Pesanan masih ada selama Syawal ini,” imbuhnya.

Editor : Akrom Hazami

 

 

Comments
Loading...