Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Aneh tapi Nyata, di Kudus Ada Siswa Sudah Lulus tapi Terima Kartu Indonesia Pintar (KIP)

KIP 2 e
Siswa SD berangkat sekolah di salah sudut di Kabupaten Kudus. (MuriaNewsCom)

 

MuriaNewsCom, Kudus – program Perlindungan dan Pengentasan Kemiskinan 2016 di Kabupaten Kudus , dinilai masih banyak salah sasaran.

Salah satunya adalah penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP). Di Kudus, ditemukan siswa yang sudah lulus tapi masih terima KIP.  Salah satunya adalah Praditya Puja, asal Desa Bulungcangkring, Jekulo Kudus.

Di hadapan Disdikpora Kudus, Praditya mengaku, menerima KIP. “Sudah lulus paket C dan baru mendapatkan bantuan pendidikan jenis KIP,” katanya.

Merasa mendapatkan bantuan yang tidak semestinya, Praditya segera lapor ke Lembaga Kegiatan Belajar Mengajar (LKBM). LKBM memberikan saran agar datang ke Disdikpora guna menanyakan apakah KIP yang baru sampai, masih bisa dipakai atau tidak.

Kepala Disdikpora Kudus Joko Susilo mengaku, kekeliruan penerima KIP memang kerap terjadi di Indonesia, termasuk di Kudus.  Menurutnya, penerima KIP kerap kurang pas sasaran. Mengingat pendataannya berdasarkan pada Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) 2011. Praktis, banyak siswa yang sudah lulus atau sudah melanjutkan sekolah.

“Banyak yang sudah lapor kepada kami. Mereka yang sudah lulus baru mendapatkan adanya KIP. Padahal kartu tersebut harus masih sekolah,” katanya.

Karenanya, KIP tidak bisa dipakai bila penerimanya tidak lagi sekolah. Dia memberikan solusi, agar program KIP tepat sasaran. Salah satunya dengan mencantumkan data anak putus sekolah supaya bisa diusulkan. Tujuannya biar mendapatkan bantuan guna melanjutkan kembali sekolahnya.

Editor : Akrom Hazami

 

Comments
Loading...