Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Asyik, 770 Siswa SD di Kudus Terima Kartu Indonesia Pintar (KIP)

Jpeg
Siswa SD di Kudus melakukan aktivitasnya, beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk Kudus, sudah mulai terdistribusi ke siswa. Khusus untuk SD, ada 770 siswa yang telah menerima KIP.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kudus Joko Susilo mengatakan, KIP telah diterima siswa SD. “Untuk data yang masuk ke dinas baru untuk tingkat SD saja,” katanya.

Diketahui, pemberian KIP tidak hanya untuk siswa SD. Tapi SMP dan SMA serta siswa kejar paket. Namun, untuk tingkat lainnya masih dalam proses. Mengingat, penyaluran langsung dibagikan kepada tiap siswa.

Untuk itu siswa yang menerima KIP, selanjutnya diminta melaporkannya kepada sekolah. Caranya, mereka harus membawa KIP yang dilengkapi dengan fotokopi Kartu Keluarga (KK).

Adapun, mengenai pengambilan dana bantuan pemerintah melalui program KIP, kata dia, akan disampaikan pihak sekolah. Termasuk waktu dan lokasinya. Yang tentunya berdasarkan pemberitahuan dari Dinas Pendidikan atau bank penyalur.

Syarat pengambilan dana bantuan  di bank penyalur, yakni dengan membawa bukti pendukung seperti rapor atau KTP, atau kartu pelajar, atau juga surat pengantar yang diberikan oleh kepala sekolah kepada siswa.

Besaran dana bantuan yang diterima untuk siswa SD sebesar Rp 450 ribu per siswa. Siswa SMP sebesar Rp 750 ribu per orang, dan siswa SMA/SMK dan sederajat sebesar Rp 1 juta per orang.

Pencairannya, dilakukan setiap semester. Untuk SD sebesar Rp 225 ribu, SMP sebesar Rp375 ribu dan SMA sebesar Rp 500 ribu. Para siswa akan langsung mendapatkan uang tunai, yang diambil di bank. Peruntukkannya untuk memenuhi kebutuhan siswa menunjang sekolah.

Editor : Akrom Hazami

 

 

Comments
Loading...