Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Unik, Ada Panjat Pinang Diadakan di Atas Laut Jepara

pinang e
Peserta panjat pinang beraksi di atas laut di Demaan, Kudus. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 
MuriaNewsCom, Jepara – Panjat Pinang lumrahnya digelar di darat. Namun di Kelurahan Demaan, Kecamatan Kota, Jepara ini membuat acara panjat pinang lebih unik dengan menggelarnya di atas air laut, pada Rabu (13/7/2016).

Puluhan peserta saling bekerjasama untuk mampu ke puncak bambu yang telah diberi sejumlah barang berharga. Seperti pakaian, aneka jajan seperti makanan maupun minuman. Beberapa kali peserta terpeleset akibat saking licinnya bambu yang dibuat untuk panjat pinang.

Peserta didominasi remaja yang aktif di kelurahan setempat dan beberapa pemuda yang tinggal sekitar lokasi. Meski terlihat mudah, faktanya membutuhkan waktu cukup lama bagi peserta untuk sampai di puncak. Banyak peserta yang terjatuh hingga berkali-kali namun semangat untuk mencapai puncak tetap membara.

Salah satu panitia, Khonzir mengatakan selain panjat pinang, pihaknya juga menggelar lomba mendayung perahu kecil dan mengejar bebek di laut. Peserta tak hanya orang dewasa dan remaja saja tetapi juga anak-anak.

“Antusiasme penonton luar biasa, ratusan bahkan sampai seribu orang dari Kelurahan Demaan dan kampung sekitar. Ini kegiatan rutin hampir setiap tahun digelar,”  ujarnya kepada MuriaNewsCom, Rabu (13/7/2016).

Acara yang dimulai setelah Ashar hingga menjelang azan Magrib. Memasuki senja penonton semakin banyak karena mereka disajikan tontonan panjat pinang yang unik dilengkapi dengan pemandangan dimulainya matahari terbenam di barat.

Salah seorang penonton, Busro mengaku senang menonton panjat pinang ini. Sebab, menurut dia, panjat pinang di laut sangat langka. Apalagi digelar sore hari sampai menjelang terbenamnya matahari sehingga membuat pemandangan semakin indah.

“Bagus sekali pemandangannya. Melihat peserta panjat pinang semakin menarik,” katanya.

Editor : Akrom Hazami

 

 

Comments
Loading...