Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Seribu Kupat Lepet jadi Rebutan Warga di Pantai Kartini Jepara

lepet e
Warga berebut kupat lepet di Jepara, Rabu. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Sekitar seribu kupat lepet yang dikumpulkan dalam satu gunungan, diperebutkan warga di Pantai Kartini Jepara, Rabu (13/7/2016).

Kupat lepet tersebut diyakini sebagian warga membawa berkah usai dibacakan doa oleh Bupati Jepara Ahmad Marzuqi setelah melakukan ritual pelarungan sesaji ke tengah laut.

Perebutan tersebut dilakukan tepat di lapangan depan panggung yang ada di kawasan Pantai Kartini. Itu menjadi bagian dari Festival Kupat Lepet yang digelar pada Pesta Lomban atau Pekan Syawalan 1437 H – 2016 M. Tak hanya warga Jepara yang merebutkan kupat lepet, tetapi juga warga luar kota yang kebetulan berwisata di Pantai Kartini.

Seorang wisatawan asal Demak, Yevi (29) di lokasi, mengaku hampir setiap tahun berkunjung ke Pantai Kartini. Terutama di momen Pesta Lomban.

“Saya menyempatkan kesini bersama keluarga untuk berwisata, sekaligus ingin ikut berebut kupat lepet. Katanya kan bisa membawa berkah setelah diberi doa-doa,” kata Yevi kepada MuriaNewsCom, Rabu (13/7/2016).

Dia rela berdesak-desakan dan berebut dengan ratusan bahkan ribuan warga lainnya untuk bisa mendapatkan kupat atau ketupat dari gunungan. Dia memang sengaja menyasar ketupatnya karena lebih suka ketupat ketimbang lepet.

Sementara itu, Bupati Jepara Ahmad Marzuqi menyampaikan, jumlah kupat dan lepet yang disediakan sesuai dengan tahun hijriah. Yaitu sebanyak 1437. Perayaan Pesta Lomban merupakan salah satu budaya masyarakat Jepara yang dilaksanakan setiap tahun.

“Tujuh hari setelah Lebaran, masyarakat membuat kupat dan lepet lalu dimakan bersama-sama keluarga. Itu sebagai wujud syukur masyarakat setelah menjalankan puasa selama sebulan penuh,” kata Marzuqi.

Editor : Akrom Hazami

 

 

Comments
Loading...