MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Lomba Dayung Perahu Naga, Cara Warga Lestarikan Tradisi Sedekah Laut

435
 Sejumlah atlet dayung perahu terlihat antisias mengikuti lomba dayung Silugangga Cup di Desa Kedungpancing, Juwana. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Sejumlah atlet dayung perahu terlihat antisias mengikuti lomba dayung Silugangga Cup di Desa Kedungpancing, Juwana. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Lomba dayung perahu naga yang dihelat di bantaran Sungai Silugangga, Desa Kedungpancing, Juwana, Selasa (12/7/2016) menjadi cara bagi penduduk setempat untuk melestarikan tradisi sedekah laut.

Penduduk setempat bersyukur atas karunia yang diberikan Tuhan melalui sumber daya alam berupa laut yang menghidupi. Karena itu, warga biasanya menggelar beragam acara yang diadakan setiap bulan Syawal untuk sedekah laut.

“Masing-masing daerah di Juwana punya tradisi tersendiri untuk menggelar sedekah laut. Di Desa Kedungpancing, lomba dayung perahu sudah menjadi tradisi setiap tahun. Kali ini, kami juga nanggap kesenian ketoprak,” ujar Kepala Desa Kedungpancing, Didik Narwadi.

Dari tradisi sedekah laut, kata Didik, lomba dayung perahu naga diharapkan bisa menjadi ikon destinasi wisata budaya baru di Juwana. “Kami juga ingin mengenalkan olahraga dayung kepada masyarakat dan pengunjung,” ucapnya.

Setelah berjibaku mengayuh perahu sepanjang 250 meter, akhirnya tiga tim ditetapkan sebagai juara terbaik. Juara pertama diraih Tim Sarkali, peringkat kedua disabet Tim Fajar, dan peringkat tiga diperoleh Tim Garuda Hitam.

Mereka mendapatkan piala dan uang pembinaan, dari juara pertama Rp 2 juta, peringkat dua Rp 1,5 juta, dan peringkat tiga Rp 1 juta. “Uangnya memang tidak seberapa bila dibagi satu tim yang terdiri dari 12 orang, yaitu 10 pendayung, satu pengemudi, dan satu penabuh drum. Namun, kami senang jadi sang juara,” ungkap Eko Sugiarto, salah satu atlet Tim Sarkali.

Ia mengatakan, salah satu kunci sukses untuk menjadi juara dalam olahraga dayung perahu adalah semangat, keyakinan dan kekompakan tim. Berbekal tiga kunci tersebut, Tim Sarkali akhirnya berhasil menyabet piala bergilir lomba dayung Silugangga Cup.

Editor : Kholistiono

 

United Futsal Pc

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.