Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Meski Libur Lebaran Usai, Objek Wisata di Jepara Tetap Ramai

wisata e
Wisatawan memadati tempat penyeberangan ke Karimunjawa, Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Musim libur Lebaran telah berakhir dan aktivitas kerja sudah kembali normal. Namun, sejumlah objek wisata di Kabupaten Jepara masih terpantau ramai. Di antaranya adalah Pantai Kartini, Bandengan, dan aktivitas penyeberangan menuju ke pulau Karimunjawa.

Pantauan di lokasi, Pantai Kartini dipenuhi pengunjung dan para penyedia jasa mainan dadakan. Hal serupa juga tampak di pantai Bandengan. Di lokasi itu, pengunjung terlihat asyik bermain dan mandi di bibir pantai.

Sementara di tempat penyeberangan ke Karimunjawa yakni di kawasan Dermaga Kartini, banyak kendaraan roda empat terparkir. Pemilik kendaraan diketahui berwisata ke Karimunjawa sejak Senin(11/7/2016) kemarin.

Kepadatan wisatawan tampak terjadi sejak Lebaran hingga sekarang. Karenanya, aparat keamanan terus berjaga-jaga di beberapa titik keramaian.

Manajer Pantai Kartini Joko Wahyu mengatakan, pengunjung objek wisata yang dia kelola tersebut cukup ramai. Mengaca pada tahun-tahun sebelumnya, keramaian akan terus terjadi selama pekan Syawalan, atau sampai H+7 lebaran. Apalagi saat H+7 atau Rabu (13/7/2016) besok, digelar Pesta Lomban.

“Lumayan ramai, karena puncak keramaian pengunjung memang momen seperti ini. Libur lebaran dan pekan Syawalan,” ucap Joko kepada MuriaNewsCom, Selasa (12/7/2016).

Pengelola biro perjalanan wisata ke Karimunjawa, Teguh Kurniawan menyampaikan, lonjakan kunjungan wisatawan ke Karimunjawa nampak sejak Lebaran. Meski masa libur Lebaran telah berakhir, kunjungan wisatawan hingga saat ini masih tinggi.

“Kemarin dua kapal penuh wisatawan, hari ini juga penuh. Tiket kapal sudah banyak terjual jauh-jauh hari sebelum Lebaran kemarin,” ujar Teguh di Dermaga Kartini Jepara.

Wisatawan yang berkunjung ke Karimunjawa saat ini didominasi rombongan keluarga. Selain itu, mahasiswa yang sedang menghabiskan waktu libur kuliah. Paket perjalanan wisata yang dipilih sebagian besar paket tiga hari dua malam.

Jika dibanding tahun lalu, Teguh menambahkan, pada masa libur Lebaran kali ini, jumlah kunjungan wisatawan meningkat 25 persen. Itu lantaran, tahun lalu dipengaruhi kondisi cuaca buruk. Sehingga kapal yang biasa melayani penyeberangan tidak berlayar.

Meski kunjungan wisatawan ke Karimunjawa meningkat, tapiharga paket perjalanan wisata ke Karimunjawa tidak mengalami peningkatan. Tarif paket wisata ke Karimunjawa selama tiga hari dua malam mulai Rp 900 ribu hingga Rp 2 juta. Itu tergantung fasilitas kapal penyebrangan dan penginapan yang ditawarkan masing-masing biro perjalanan.

Sementara itu, salah satu wisatawan dari Jawa Timur, Abdul Hamid mengaku sengaja memilih berwisata setelah masa liburan berakhir untuk menghindari keramaian wisatawan. Selain itu, juga untuk menghindari kemacetan di jalan saat musim libur Lebaran.

“Kalau waktu liburan kemarin pasti ramai. Ini kebetulan juga sekalian ambil cuti Lebaran, jadi sengaja milih liburannya sekarang yang tidak ramai,” katanya.

Editor : Akrom Hazami

 

 

Comments
Loading...