Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ada PNS Jepara Tak Masuk Kerja di Hari Pertama

Jajaran SKPD Jepara melakukan Halal Bi Halal. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)
Jajaran SKPD Jepara melakukan Halal Bi Halal. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Hari pertama masuk kerja usai Lebaran 1437 H / 2016 M, Pemkab Jepara melaksanakan sidak dan absensi. Hasilnya masih ada PNS yang tidak masuk kerja.

Hanya yang tidak masuk, telah memberikan keterangan. Kegiatan ini dilakukan langsung saat pelaksanaan Apel Pagi di halaman Setda yang dipimpin Kepala Satpol PP, Sutrisno Santoso.

Itu dilakukan sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Menpan RB yang telah diterima beberapa waktu lalu, yang mewajibkan dinas atau instansi untuk melakukan absensi masuk kerja dan melaporkannya ke Menteri Pemberdayaan Aparatur Negera Reformasi Birokrasi.

Berdasarkan data Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Jepara, dari 30 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam kota dengan jumlah PNS 1859.  Keterangan cuti ada 14 orang termasuk cuti melaporkan,  sakit 12 orang , dinas luar 2 orang, izin 4 orang, dispensasi 36, terlambat 1 orang, dan tanpa keterangan nihil.

“Untuk yang mendapatkan dispensasi itu karena lepas piket Satpol, penjaga malam, dan tugas belajar. Sidak dilakukan sesuai dengan surat edaran dari Menpan RB. Disebutkan bahwa barang siapa yang melanggarnya  akan mendapatkan sanksi ringan sebagaimana yang berlaku di peraturan kepegawaian,” ujar Kepala BKD Abdul Syukur kepada MuriaNewsCom, Senin (11/7/2016).

Menurutnya, berdasarkan hasil sidak dan absensi tersebut, pihaknya menilai kedisiplinan PNS di Jepara cukup baik. Terbukti untuk yang tidak masuk tanpa keterangan tidak ada. Jika ada, maka akan ditindak tegas sebagaimana aturan yang berlaku.

Hari pertama masuk kerja usai Lebaran ini juga dimanfaatkan untuk halal bi halal seluruh PNS di lingkungan Pemkab Jepara dengan Bupati, Wabup, Sekda dan segenap Forkopinda. Acara silaturahmi rutin tahunan secara serentak antara Forkopinda, dengan segenap Karyawan-karyawati se-Kabupaten Jepara ini digelar di Ruang Peringgitan Pendapa Kabupaten.

Hadir dalam kesempatan  tersebut seluruh PNS dan pegawai di lingkungan pemkab, BUMD, kecamatan maupun kelurahan di Jepara. Acara diawali dengan doa bersama yang dipimpin petugas dari Kantor Kemenag dan diakhiri dengan berjabatan tangan bersama.

Edy Sujadmiko, Asisten II sekda/ Perekonomian dan Pembangunan mewakili pejabat dan karyawan karyawati pemkab Jepara, menyatakan,  sebagai abdi negara dan masyarakat tentunya banyak kesalahan dan kekurangan dalam pelayanan maupun kerja sama dalam pelaksanaan tugas.  Baik kesalahan dalam bentuk perbuatan, perkataan maupun dalam pelaksanaan hubungan kinerja dan personal.

“Untuk itu, bertepatan dengan hari raya idul Fitri 1437 H/2016 M atas nama segenap PNS di lingkungan  Pemerintah Kabupaten Jepara dan atas nama segenap karyawan karyawati Pemkab Jepara. menghaturkan selamat lebaran minal aizin wal faidzin, mohon maaf lahir batin atas segala kekurangan dan kesalahan,” katanya.

Bupati Jepara Ahmad Marzuqi berharap suasana Lebaran saat ini dijadikan momentum untuk menggalang kebersamaan dan peningkatan kinerja. Sebagaimana dalam pelaksanaan puasa dilihat berhasil manakala dapat meningkatkan ibadah dan amal perbuatannya. Termasuk di dalamnya  peningkatan kinerja seluruh pejabat dan PNS di lingkungan pemkab Jepara.

Editor : Akrom Hazami

 

 

 

Comments
Loading...