Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Meriahnya Kethoprak Sekar Muda Budaya dengan Lakon Banteng Mataram

sukun

 

MuriaNewsCom, Kudus – Sukun Premiere sukses menghelat pementasan Kethoprak Sekar Muda Budaya di Dukun Birin Mlese, Kecamatan Gantiwarno, Klaten, Minggu (10/6/2016) malam.

Ratusan warga berbondong-bondong memeriahkan kegiatan tradisi. Mereka datang dari desa setempat dan desa sekitar.

Mereka rela berjubel guna melihat atraksi seniman yang membawakan lakon Banteng Mataram.

Paijo salah satu panitia mengatakan, warga yang menyaksikan kethoprak mayoritas memang warga setempat. Ini lantaran, pegelaran kethoprak kali ini sekaligus sebagai acara halal bihalal warga. Banyak juga warga luar desa dan luar kota.

”Karena masih Lebaran, ada sanak saudara yang dari luar kota ikut menonton. Karena itu, acara tadi malam sangat ramai,” kata Paijo.

Selain itu, nama Sekar Muda Budaya sendiri sudah sangat dekat di hati masyarakat. Apalagi, sebagian pemain yang berada di atas panggung merupakan putra daerah.

”Saya sendiri ikut main. Itung-itung untuk meramaikan suasana dan menguri-uri budaya lokal,” katanya.

Sementara itu disinggung terkait lakon Benteng Mataram, Paijo mengaku lakon tersebut sudah banyak dikenal. Apalagi, lakon tersebut merupakan sejarah mataram yang sudah mendarah daging di masyarakat.

”Untuk lakon ini, kami sesuaikan dengan pengetahuan masyarakat. Di situ, kami juga memberikan nilai untuk mempertahankan warisan leluhur. Baik itu sifatnya adat istiadat ataupun yang lain di atas kepentingan pribadi,” tambahnya.

Editor : Akrom Hazami

 

Comments
Loading...