MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Siswa Sekolah di Jepara Ini Mahir Hafalkan Ayat Alquran

340
hafalan e
Siswa menjalani wisuda setelah menyelesaikan pendidikannya. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Puluhan siswa tingkat TK dan Sekolah Dasar (SD) Yayasan Hidayatullah Azmuna, Desa Daren, Kecamatan Nalumsari, Jepara, diwisuda, Minggu (10/7/2016).

Lulusan diminta agar tetap menjaga hafalan sejumlah ayat suci Alquran yang selama ini telah diajarkan di bangku sekolah tersebut.

Hal itu seperti yang disampaikan Petinggi Desa Daren, Sholeh saat memberikan sambutan dalam acara wisuda dan pentas seni di salah satu aula yayasan tersebut.  Menurutnya, kemampuan anak didik yang bisa mengaji dan menghafal sejumlah ayat-ayat pendek Alquran hendaknya  dijaga dengan baik.

“Kalau tidak dijaga dengan baik, maka kemampuan mengaji yang baik dan menghafal ayat-ayat Alquran bisa hilang. Untuk itu, kami harapkan ketika di rumah maupun di tingkat pendidikan yang lebih lanjut harus tetap menjaga kemampuan mengaji dan menghafal,” ujar Sholeh.

Lebih lanjut dia mengatakan,  lantaran baru diwisuda di tingkat dasar maka sudah seharusnya, pihak orang tua menyekolahkan lagi ke tingkat yang lebih tinggi. Baik ke SD bagi yang lulus TK dan ke tingkat SMP bagi yang lulus SD. Sebab pemerintah telah menyediakan berbagai bantuan pendidikan terutama bagi keluarga yang kurang mampu.

“Jangan sampai tidak sekolah apalagi tidak ada biaya. Sebab pemerintah membantu masyarakat lewat dana bos maupun khusus bagiyang kurang mampu,” ungkapnya.

Ia juga mengemukakan, untuk mendapatkan bantuan pendidikan bagi keluarga yang kurang mampu, ada beberapa administrasi yang harus dipenuhi. Beberapa di antaranya juga harus diurus lewat pemerintah desa. Hal itu, kata dia, harus diketahui oleh masyarakat sejak awal terutama orang tua yang baru saja memiliki anak yang telah lulus di salah satu sekolah, agar nantinya dapat sesegera mungkin mengurus administrasi tersebut.

Sementara itu, Wakil Ketua Yayasan Hidayatullah Azmuna, Septa Marfuatun mengatakan, kali ini yang diwisuda tingkat SD ada 11 siswa, sedangkan untuk TK ada 46 siswa. Selain agenda wisuda juga digelar pentas seni, seperti kreasi lagu, tari tradisional, teater, pidato cilik Bahasa Inggris dan Indonesia, serta tari islami.

Editor : Akrom Hazami

 

 

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.