Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ini Bocoran Acara Rencana Pesta Lomban di Jepara Nanti

lomban 2 e
Warga mengikuti Pesta Lomban di Jepara, tahun lalu. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara Agus Tri Raharjo menjelaskan, Pesta Lomban tahun ini akan digelar Rabu (13/7/2016).

Sehari sebelum gelaran acara yang didukung Sukun Executive, yakni Selasa (12/7/2016), akan diawali dengan arak-arakan serta penyembelihan kerbau. Kerbau diarak dari tempat pelelangan ikan (TPI) Ujungbatu menuju rumah pemotongan hewan (RPH) Jepara.

“Sebelum prosesi larung sesaji, dilakukan arak-arakan dan penyembelihan kerbau. Arak-arakan itu dimulai pukul 06.00 WIB. Tujuannya supaya masyarakat bisa menyaksikan kerbau yang nantinya akan dilarung kepalanya,” ujar Agus, Senin (11/7/2016).

Setelahnya, akan dilakukan ziarah ke makam sesepuh desa. Mulai dari makam Cik Lanang yang berada di kompleks BPPBAP Jepara sampai makam Mbah Ronggo yang berada di wilayah Desa Ujungbatu. Pelaksanaan ziarah dilakukan pada Selasa sore.

“Malam harinya, ada pagelaran wayang di TPI Ujungbatu. Barulah pada Rabu pagi, dilakukan persiapan pelarungan kepala kerbau. Terlebih dahulu akan diawali dengan acara seremonial yang juga menampilkan tari-tarian nelayan. Tak ketinggalan juga dipanjatkan doa sebelum pelarungan,” terangnya.

Kepala kerbau sendiri, akan dilarung oleh dua kapal resmi yang telah disiapkan oleh Dinas Pariwisata. Kapal itu, akan dinaiki para penjabat dan tamu undangan. Kapal itu akan ditemani oleh ratusan kapal nelayan juga akan turut pelarungan itu.

Pesta Lomban memang selalu menarik puluhan ribu warga untuk datang dan menyaksikan. Mereka siap meramaikan kegiatan tersebut.

Editor :Akrom Hazami

 

Comments
Loading...