Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

1.000 Ketupat Bakal Diarak di Lereng Gunung Muria

f-ketupat

MuriaNewsCom, Kudus – Sebanyak seribu ketupat dan ratusan lepet bakal diarak pada acara Syawalan yang digelar di Kecamatan Dawe, Kudus pada Rabu (13/7/2016). Acara Syawalan ini, merupakan tradisi yang sudah berjalan di wilayah lereng Gunung Muria, setiap sepekan usai Lebaran Idul Fitri.

Seribu ketupat itu, nantinya bakal disusun pada gunungan yang jumlahnya mencapai 28 gunungan, yakni 18 gunungan berasal dari desa yang ada di Kecamatan Dawe, 4 gunungan dari Desa Colo, 4 gunungan dari organisasi masyarakat, 1 gunungan dari pihak Kecamatan Dawe, dan 1 gunungan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kudus.

Kepala Disbudpar Kudus Yuli Kasiyanto mengatakan, seribu ketupat tersebut nantinya bakal diarak mulai dari Makam Sunan Muria, yang terlebih dahulu diadakan ritual, dan kemudian diarak menuju Taman Ria Colo. “Ada kenduri terlebih dahulu di Makam Sunan Muria, pada Rabu pagi sekitar pukul 06.30 WIB . Setelah itu, gunungan ketupat tersebut akan diarak menuju ke Taman Ria Colo,” ujarnya.

Acara tersebut, dijadwalkan juga bakal di hadiri oleh Bupati Kudus. “Setelah gunungan itu sampai di Taman Ria Colo, maka Bupati Kudus akan memberikan sambutan dan memotong satu ketupat. Nah, setelah itu, ribuan ketupat tersebut akan dibagikan kepada warga yang ada,” imbuhnya.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...