Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Petugas PMI Tiap Hari Harus Ngecek Puluhan Orang

kudus-pmi (e)
Petugas dari PMI Cabang Kudus sedang memeriksa tekanan darah pemudik yang banyak merasakan lesu dan lemas selama perjalanan. MuriaNewsCom (Edy Sutriyono)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Pos pelayanan mudik yang didirikan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kudus di Terminal Induk Jati, memang bermanfaat bagi pemudik.

Pasalnya, pos yang berukuran sekitar 5×5 meter tersebut setiap harinya
rata-rata disambangi 20 orang pemudik, mulai dari pertama kali didirikan pada Jumat (1/7/2016) lalu.

Relawan PMI Posko Mudik Kevin Ricada mengutarakan, untuk posko ini setiap harinya bisa melayani 20 orang pemudik. ”Dan itu pun sebagian besar melayani tes tekanan darah. Banyak yang minta dites,” katanya, Jumat (8/7/2016).

Pengecekan tekanan darah yang diminta pemudik itu, karena sebagian para
pemudik merasakan lemas dan lesu saat mengendarai kendaraan selama perjalanan.

”Keluhan mereka sih, mayoritas lemas, lesu, dan serasa kurang darah. Sehingga mereka menyempatkan singgah ke posko ini untuk tes tekanan darah,” paparnya.

Menurut Kevin, bila ada pemudik yang memang kurang darah, maka pihak PMI juga telah menyediakan berbagai obat-obatan yang diperlukan untuk menormalkan tekanan darah tersebut.

”Bila mereka merasa pusing lantaran lemas kurang darah karena kurang istirahat atau kurang tidur saat mudik, maka kita juga menyediakan obat-obatan penambah darah atau asupan yang lainnya,” ujarnya.

Dia menambahkan, rata-rata pemudik yang merasakan lemas dan kurang darah adalah mereka yang memakai sepeda motor. ”Sehingga mereka perlu untuk menjaga staminanya saat mudik. Terlebih menggunakan sepeda motor harus menggunakan tenaga ekstra,” imbuhnya.

Editor: Merie

Comments
Loading...