Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ribuan Pemudik Mampir ke Menara Kudus

kudus-ziarah (e)
Peziarah berjubel di pintu masuk makam Sunan Kudus, Jumat (8/7/2016). Jumlah pemudik terus meningkat di hari-hari usai Lebaran. MuriaNewsCom (Edy Sutriyono)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Selain bersilahturrahim dengan sanak keluarga, mereka yang mudik ke kampung halaman juga menyempatkan diri untuk berziarah ke makam Sunan Kudus.

Mulai Lebaran pertama hingga ketiga ini, terhitung sudah ada kurang lebih seribu lima ratusan pemudik yang mampir ke Menara Kudus. Selain berziarah, mereka juga berwisata reliji dengan latar belakang Menara Kudus.

Petugas penerima tamu di makam Sunan Kudus, Abdullah Taqwim mengatakan, untuk peziarah makam sudah mulai ramai di Lebaran pertama, Rabu (6/7/2016) kemarin.

”Rata-rata para peziarah berasal dari luar daerah. Atau para pemudik yang sengaja mampir ke makam Sunan Kudus, untuk berziarah. Sudah ribuan orang yang datang,” jelasnya, Jumat (8/7/2016).

Kedatangan peziarah itu kebanyakan berombongan. Mereka datang untuk berziarah ke salah satu Walisongo itu. Biasanya setelah bersilahturrahim dengan keluarga, peziarah kemudian datang ke makam Sunan Kudus.

Dia menilai, para peziarah di makam Sunan Kudus ini juga ada yang memang tidak ingin menghilangkan kesempatan mudiknya, dengan melakukan ziarah. ”Dan memang lebih ramai tahun ini daripada tahun kemarin,” ujarnya.

Sampai siang tadi, peziarah terus berdatangan. Mereka berasal dari daerah di luar Kudus. Ada juga yang kemudian dalam perjalanan balik, menyempatkan diri mampir ke makam.

Banyak juga yang kemudian mengabadikan kedatangannya itu, dengan berfoto di depan Menara Kudus. Namun arus lalu lintas masih ramai lancar, meski memang agak tersendat di depan kompleks Menara Kudus, karena banyaknya yang beraktivitas.

Editor: Merie

Comments
Loading...