Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Mau Coba Kuliner di Pati, Kunjungi Tempat Ini Ya

pati-kuliner (e)
Waroeng Pati Dua Kelinci yang bisa dijadikan tempat bagi pemudik maupun warga untuk berburu kuliner. MuriaNewsCom (Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Ada banyak tempat kuliner di sepanjang jalan di Kabupaten Pati yang bisa disambangi. Mulai dari kuliner biasa hingga kuliner khas Pati.

Pada bagian barat, dekat Kudus, pemudik bisa singgah di Waroeng Pati. Di sana, beragam menu khas Pati bisa dinikmati dengan nuansa bangunan khas Jawa.

Salah satu menu yang bisa dinikmati, antara lain nasi gandul, ikan bandeng, nasi batu, gado-gado kanigoro, soto kemiri, gurami, dan lain sebagainya.

Perjalanan ke timur, sekitar 5 menit, pemudik bisa menemukan Pasar Pragola. Di sana, beragam menu kuliner khas Pati seperti nasi gandul, soto kemiri, sego tewel, dan penyetan siap memanjakan pemudik.

Pasar Pragola menawarkan harga yang lebih terjangkau. Parkir pun lebih luas. Namun, bila Anda melewati Pati saat Hari Lebaran, Anda tidak bisa mampir karena tutup.

”Saat Lebaran, kuliner di Pasar Pragola tutup. Buka lagi pada H+3 setelah Lebaran. Pengunjung bisa menikmati aneka kuliner khas Pati di sana,” ujar Kepala Disperindag Pati Riyoso.

Ke arah timur sekitar 100 meter kiri jalan, pemudik juga bisa mampir di RM Sapto Renggo. Sama halnya dengan rumah makan lainnya, RM Sapto Renggo menawarkan beragam menu kuliner, mulai dari ayam goreng, ayam bakar, steak, bandeng tanpa duri, gurami, dan masih banyak lagi lainnya.

Bila sudah sampai di Jalan Diponegoro, juga bisa mampir di RM Mbok Endut. Masakan khas di warung ini adalah nasi liwet Solo, sego kendil, dan sego bancaan.

Ke timur lagi, tak ada salahnya bila mampir di jantung Kota Pati. Di kawasan Alun-alun Pati, ada Salza Kuliner yang siap memanjakan rasa. Tempatnya juga luas, dengan dua lantai pertama maupun lantai atas.

Di lantai atas, pemudik bisa istirahat, makan, sembari menikmati pesona Alun-alun Bumi Mina Tani. Salza Kuliner buka dari pukul 09.00 WIB sampai 01.00 WIB.

”Menu andalan kami saat ini adalah soto dan ayam penyet yang buka sampai pukul 01.00 WIB pagi. Menu lainnya beragam, mulai dari masakan khas oriental dan Indonesia. Kalau ngantuk bisa sembari ngopi di sini,” ujar Syahbudin Siraj, manajer Salza Restaurant and Convention Hall.

Di kawasan jantung Kota Pati, ada juga Lombok Ijo di sebelah timur alun-alun, Spesial Sambal (SS) di bagian selatan alun-alun, Dapoer Emak bagian barat alun-alun, serta ada Omah Cabe, Sultan Fried Chicken, dan RM Suka-suka pada bagian utara.

Kalau Anda lebih suka cari kuliner khas Pati, kawasan Pasar Sleko (Terminal Pati) bisa jadi tempat berburu nasi gandul. Untuk berburu soto kemiri, kawasan pinggir jalan pantura Desa Kemiri, Desa Sarirejo bisa rekomendasi bagi pemudik.

Editor: Merie

Comments
Loading...