Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ada yang Menarik di Jalur Alternatif Pati

pati-wisata (e)
Suasana Waduk Seloromo yang bisa menjadi tempat istirahat bagi pemudik yang memilih jalur alternatif Kudus-Gembong. MuriaNewsCom (Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Ada sejumlah tempat wisata yang bisa disinggahi pemudik saat melintasi Kabupaten Pati. Baik di jalur utama maupun jalur alternatif.

Misalnya saja di jalur alternatif Pati. Tepatnya di jalur Kudus-Gembong. Pemudik bisa berburu tape di kawasan Gembong atau mampir di Waduk Seloromo.

Kendati Waduk Seloromo belum dikelola sebagai destinasi wisata, tetapi tempat ini bisa menjadi pilihan tepat saat beristirahat mudik. Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Pati Sigit Hartoko, sejumlah hal menarik bisa ditemukan di sana.

”Kalau mau agak muter sedikit, bisa berkunjung ke Waduk Gunung Rowo. Di sana ada banyak kuliner ikan tawar yang bisa dicicipi sembari menikmati indahnya waduk dan pegunungan Muria. Jarak dari Jalan Pati-Gembong bisa ditempuh sekitar 20 menit,” kata Sigit.

Di Waduk Gunung Rowo, pemudik cukup bayar tiket masuk Rp 2 ribu untuk sepeda motor dan Rp 5 ribu untuk mobil. Di kawasan waduk, ada banyak warung yang menawarkan kuliner ikan air tawar dengan harga terjangkau.

Khusus pemudik yang lewat jalur utama dan ingin wisata religi, Sigit merekomendasikan untuk mampir di Genuk Kemiri, Desa Sarirejo, Pati. Di sana, pemudik bisa istirahat di pendapa.

”Di situ adalah pusat pemerintahan Pati yang pertama, sebelum dipindah ke Kaborongan yang sekarang. Sangat menarik juga untuk dikunjungi dan bersantai bersama keluarga,” jelasnya.

Editor: Merie

Comments
Loading...