Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Usai Opor, Yuk Berburu Nasi Becek

grobogan nasi becek (e)
Nasi becek khas Purwodadi, Grobogan, yang menjadi salah satu menu khas dari wilayah itu. Facebook Deka Hendratmanto

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Makan opor sudah jadi sebuah tradisi saat Lebaran. Nah, setelah itu biasanya banyak yang mencari makanan alternatif sebagai pengganti opor.

Nah, di Grobogan ada satu olahan makanan yang bisa jadi alternatif makan siang kali ini. Namanya nasi becek. Ini adalah menu yang cukup menyegarkan, setelah beberapa hari akan opor.

Satu rumah makan yang menyediakan menu ini, adalah Warung Makan Sedep Yanto Ganjar, yang ada di Jalan Purwodadi-Blora, Km 1, Desa Getasrejo, Kecamatan Grobogan.

Dan asyiknya lagi, rumah makan ini sudah buka hari ini. Atau H+1 Lebaran. Jam bukanya adalah pukul 09.00-21.00 WIB. ”Saya libur memang hanya pas hari H. Setelah itu buka lagi seperti biasanya,” ujar Daniyanto Sadewo, pemilik Warung Makan Sedep Yanto Ganjar, Kamis (7/7/2016).

Nasi becek adalah nasi yang ditemani dengan lauk sop tetelan kerbau. Kuahnya segar dan bening. Jangan khawatir, karena meski dari iga, namun dagingnya masih cukup tebal dan banyak.

Sedangkan di nasinya sendiri, ada yang unik juga. Ada sejumput tumisan kacang panjang, kadang-kadang juga kacang tolo, yang ditaruh di pinggir nasi. Kemudian ditambah taburan bawang goreng, menambah sedap masakan satu ini.

Di samping nasi becek, warung makan ini juga menyediakan menu utama daging kerbau yang dioleh jadi beberapa menu. Seperti sate dan gulai. Rata-rata harga yang ada di sini adalah Rp 20 ribu per porsi.

Editor: Merie

Comments
Loading...