Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Takbir Keliling Desa Daren Berlangsung Meriah

jepara-takbir keliling (e)
Warga Desa Daren, Kecamatan Nalumsari, Jepara, merayakan datangnya Lebaran dengan menggelar takbir keliling yang berlangsung meriah, Selasa (5/7/2016). MuriaNewsCom (Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Genap 30 hari sudah umat Muslim di Indonesia menunaikan ibadah puasa. Kali ini giliran merayakan kemenangan dengan mengumandangkan takbir.

Ya, malam 1 Syawal 1437 H ini suara takbir berkumandang dari penjuru tanah air. Salah satunya di Desa Daren, Kecamatan Nalumsari, Jepara.

Ribuan masyarakat desa tersebut merayakan malam menyambut Lebaran ini dengan cara takbir keliling desa setempat. Tak hanya sekadar keliling desa dan mengumandangkan takbir, mereka juga berbusana sesuai tema kelompok masing-masing.

Dari pantauan MuriaNewsCom, kelompok takbir keliling mewakili sejumlah dukuh yang ada di Desa Daren. Masing-masing kelompok menunjukkan penampilan yang unik. Sejumlah miniatur masjid, wayang, beberapa bentuk lainnya diperlihatkan.

Tak hanya itu, tiap peserta juga berbusana sesuai tema. Ada yang menggunakan pakaian muslim lengkap, ada juga yang berpenampilan layaknya kiai dan tokoh penyebar agama Islam di Jawa.

Ribuan masyarakat yang tidak menjadi peserta juga turut meramaikan suasana malam takbiran dengan menonton dan memenuhi sepanjang jalan desa. Ditambah sejumlah suara dan hiasan kembang api juga semakin memeriahkan penyambutan hari kemenangan ini.

Salah seorang warga desa setempat, Nurul Hasanah mengatakan, malam takbiran tahun ini sangat meriah meskipun tidak menggunakan kendaraan mobil. Kemeriahan tidak kalah dengan gelaran takbir keliling tahun-tahun sebelumnya.

”Tahun ini takbir keliling dilakukan dengan berjalan kaki. Tiap dukuh menampilkan kreasi terbaik mereka untuk memeriahkan malam Idul Fitri ini,” ujar Nurul, warga setempat, saat menyaksikan penampilan peserta takbir keliling di jalan Desa Daren, Selasa (5/7/2016) malam.

Acara takbir keliling ini dimulai setelah salat Isya’, di halaman masjid At-Taqwa Desa Daren. Kemudian berjalan ke arah utara menuju jalan raya desa setempat. Acara diikuti oleh masyarakat umum dan tokoh masyarakat. Selain itu, Kepala desa dan perangkat desa juga turut memeriahkan acara ini.

Editor: Merie

Comments
Loading...