Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Santri Manba’ul A’laa Ini Punya Agenda Seru Isi Puasa

grobogan-sepak takraw (e)
Santri di Ponpes Manba’ul A’laa, Kampung Jagalan, Kelurahan Purwodadi, Grobogan, mengikuti turnamen sepak takraw yang diadakan menjelang berakhirnya bulan puasa. MuriaNewsCom (Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Selama pelaksanaan puasa, para santri di Ponpes Manba’ul A’laa yang berada di Kampung Jagalan, Kelurahan Purwodadi, punya agenda seru lain, di samping belajar soal ilmu agama.

Di sela-sela itu, mereka juga berolahraga. Salah satu yang ternyata digemari dan jadi kemahiran tersendiri, adalah olahraga sepak takraw. Santri di sana, dikenal pandai memainkan olahraga satu ini.

Bahkan menjelang akhir Ramadan ini, ada turnamen sepak takraw yang dilangsungkan di lokasi ponpes. Turnamen ini khusus diikuti santri putra dan para pengasuh.

Turnamen ini digelar selama beberapa hari. Pelaksanaannya dimulai setelah kegiatan kajian agama selesai. Acara sepak takraw biasanya dimulai sekitar pukul 22.00 WIB sampai 01.00 dinihari.

”Kegiatan ini sebagai selingan dan ajang menambah keakraban antara santri dan pengasuh,” kata Ahmad Liwaul Hamdi, salah satu pengasuh yang lebih dikenal dengan nama Gus El.

Turnamen ini diikuti puluhan tim, dan masing-masing tim berkekuatan 3 orang. Anggota tim ini bebas. Artinya, bisa santri semua atau campuran santri dan pengasuh.

Banyaknya tim yang ikut ini disesuaikan jumlah santri putra yang mencapai 100 orang ditambah pengasuh sekitar 10 orang.

Lalu apa hadiahnya? Ternyata tidak ada hadiah yang istimewa dalam turnamen sepak takraw ini. Pihak panitia hanya menyediakan satu piala bergilir bagi para pemenangnya.

”Hadiahnya cuma piala bergilir saja. Usai turnamen nanti kita gelar makan bersama saja,” imbuh Gus Didin, pengasuh lainnya.

Menjelang akhir Ramadan, para santri memang masih berada di pondok. Para santri ini baru libur atau diperbolehkan pulang kampung setelah pelaksanaan salat Idul Fitri.

Editor: Merie

Comments
Loading...