Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jangan Takut, Warga Tetap Bisa Berobat saat Lebaran

jepara-faskes lebara (e)
Puskesmas di Jepara, termasuk rumah sakit, tetap memberikan pelayanan kepada warga yang membutuhkan pengobatan saat Lebaran. MuriaNewsCom (Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Bagi warga Jepara yang membutuhkan pelayanan kesehatan saat Lebaran, tidak perlu khawatir. Pasalnya, berbagai fasilitas kesehatan (faskes) yang ada di wilayah itu, tetap buka selama momen Idul Fitri.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jepara Dwi Susilowati menjelaskan, selama Lebaran layanan kesehatan tetap buka. Bahkan, ketika tanggal merah sekalipun, untuk layanan kesehatan yang memiliki layanan rawat inap, dipastikan tetap buka seperti biasa.

”Saat tanggal merah, yakni tanggal 6 dan 7 Juli, untuk layanan kesehatan seperti puskesmas yang memiliki fasilitas rawat inap, tetap buka,” ujar Dwi Susilowati kepada MuriaNewsCom, Senin (4/7/2016).

Menurutnya, pihaknya menjamin fasilitas kesehatan yang berada di bawah naungan Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara tetap buka dan melayani masyarakat. Khususnya puskesmas yang memiliki fasilitas rawat inap.

Misalnya saja Puskesmas Bangsri, dan beberapa puskesmas lainnya. Sedangkan puskesmas yang tidak memiliki rawat inap, saat tanggal merah dua hari tersebut tutup.

”Tetapi selain dua hari tanggal merah itu, kami pastikan buka. Sebab, dari pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya, masing-masing puskesmas sudah mengatur manajemen pelayanan, agar saat libur Lebaran tetap bisa melayani masyarakat,” ungkapnya.

Pihaknya meminta agar masyarakat tidak perlu khawatir. Sebab, selain puskesmas yang memiliki rawat inap tetap buka, sejumlah rumah sakit juga dipastikan tetap beroperasi.

”Mereka bisa kapan saja melayani masyarakat. Baik untuk melayani yang rawat inap, pasien baru, maupun untuk pemudik,” katanya.

Disinggung mengenai potensi membeludaknya jumlah pasien saat Lebaran, Susi tak bisa memastikannya. Sebab, mengaca pada tahun sebelumnya, justru banyak pasien rawat inap yang meminta pulang untuk merayakan Lebaran bersama keluarga di rumah masing-masing.

Editor: Merie

Comments
Loading...