Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Konser Tongthek Pemuda Wonosari Jepara Berlangsung Meriah

lomba tong tek (e)
Salah satu peserta Festival Konser Tongthek 2016 sedang mempertunjukkan kebolehannya dengan penuh semangat. ISTIMEWA

 

MuriaNewsCom, Jepara – Festival Konser Tongthek 2016 yang diselenggarakan Remaja Masjid Baitul Muqorrobin, Wonosari, Kecamatan Tahunan, berlangsung meriah.

Even yang bertempat di halaman Masjid Baitul Muqorrobin itu menampilkan 28 grup yang saling menunjukan kebolehanya, dalam mengharmonisasikan suara dari alat-alat yang mereka gunakan.

Yang menarik, peserta juga menggarap koreografi mereka untuk memperindah penampilan di atas panggung. Hal ini membuat dewan juri harus jeli dalam memberikan penilaian.

Dewan juri adalah mereka yang ahli dalam seni musik tradisional dan modern. Yakni Ramatyan Sarjono, salah satu pengurus harian DKD (Dewan Kesenian Daerah) Jepara, Sinung Pramudya yang seorang guru seni music, dan Ngateman dari LESBUMI (Lembaga Seni Budaya Muslim Indonesia).

Penilaian sendiri terbagi dalam empat aspek. Yaitu penilaian terhadap harmonisasi nada, penampilan atau perfomance, kostum, dan kreativitas alat musik yang digunakan.

Dalam Festival Konser Tongthek 2016 itu Larva Percussion berhasil menyabet juara pertama. Disusul ERJE sebagai juara kedua, dan grup Lariri sebagai juara ketiga.

Tongthek atau dari kalimat kentongan dikloteki, merupakan tradisi yang digunakan masyarakat jawa dalam membangunkan sahur saat Ramadan tiba. Hal ini sangat membantu masyarakat untuk bangun saat sahur.

”Berawal dari banyaknya grup-grup tongthek yang biasa keliling di jalanan Kota Jepara, kami kemudian tergerak untuk mengadakan Festival Konser Tongthek ini,” jelas ketua panitia Zaenudin.

Festival tongthek ini diselenggarakan bertujuan untuk menggali kreativitas bagi para grup tongthek yang ada di Kota Jepara. Khususnya dalam mengkomposisikan alunan musik sahur menggunakan alat-alat sederhana, tapi enak untuk di dinikmati.

”Kami juga senang karena penonton juga suka sekali dengan even ini. Selain lombanya, kami juga adalah bazaar usaha kecil menengah (UKM) yang ada di Kota Jepara. Jadi sangat meriah,” imbuhnya.

Editor: Merie

Comments
Loading...